Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Selasa Pon, 14 Feb 2012 12:40 WIB | dibaca (538) | Komentar

SMAN Jetis 1 Wakili DIY dalam Lomba Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh salah satu sekolah di Bantul. Kali ini prestasi tersebut ditorehkan oleh SMA Negeri Jetis 1. Sekolah ini akan mewakili DIY dalam Lomba Tingkat Nasional Adiwiyata Mandiri.

Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Penilaian Adiwiyata didasarkan pada 4 kriteria, yakni; pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

Adapun Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bantul telah berkomitmen untuk bekerja sama dengan sekolah ini. Yakni untuk melakukan pembinaan, penataan lingkungan, serta bantuan pengelolaan sampah. BLH juga akan memberikan tanaman penghijau, mesin pencacah sampah dan motor roda tiga untuk mengangkut sampah. "Sekolah yang masuk kategori Adiwiyata atau sekolah berwawasan lingkungan ini, BLH punya kewajiban melakukan pembinaan", ujar Kepala BLH Bantul, Susanto SH MM, usai menjadi Irup di SMAN 1 Jetis, Senin (13/2). Dirinya menambahkan, bantuan tersebut merupakan stimulan, namun keberhasilan sebenarnya merupakan kerja keras dari pihak sekolah, baik guru, siswa maupun karyawan.

Penilaian lomba Adiwiyata sendiri tergolong unik. Yakni, penilaiannya bersifat tertutup. Sehingga sekolah tidak mengetahui kapan dan bagaimana proses penilaiannya. Hal ini karena penilaian dilakukan secara diam-diam. Selain itu, penilaian pun akan berlangsung selama 1 tahun.

"Bagi SMAN 1 Jetis tidak masalah karena hidup sehat, bersih berwawasan lingkungan sudah menjadi perilaku sehari-hari", ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Jetis, Drs. H. Wiyono, MPd. (dike)

  • widi hartantodikirim Selasa Pon, 14 Feb 2012 16:21 WIB

    Semangat...semoga SMANIS Terus berkembang dikemudian Hari..bisa bawa nama bantul...Yogyakarta dan Indonesia

  • dwi aris s,wdikirim Selasa Pon, 14 Feb 2012 20:58 WIB

    bangga dengan almamaterku,,, maju terus SMANIS,,,,,

  • mas dededikirim Rabu Wage, 15 Feb 2012 11:41 WIB

    terima kasih, muantaap..asik tetanggaku maju trus tetap di depan.

  • ASTUTI DERNdikirim Rabu Wage, 15 Feb 2012 14:18 WIB

    SELAMAT DAN SUKSES UNTUK SMANIS DAN BANTUL KU, KAMI TUNGGU PRESTASIMU SELANJUTNYA.

  • tri admkdikirim Rabu Legi, 6 Jun 2012 19:19 WIB

    kini jetis sudah adiwiyata mandiri no.2 se indonesia pngumumannya sudah pada minggu tgl 3 juni kmaren... maju terus jesabayo...

Kirim Komentar Berita
kode rahasia