Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Jumat Legi, 30 Agt 2013 11:26 WIB | dibaca (440) | Komentar

Pramuka Kwartir Cabang Bantul deklarasikan Satuan Karya Kalpataru

Foto Berita 1840Salah Satu Atraksi Pramuka di depan tamu kehormatan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarda) Bantul mendeklarasikan terbentuknya Satuan Karya (Saka) Pramuka dengan nama Saka Kalpataru di Lapangan Trirenggo, Rabu (28/8) bertepatan dengan apel besar peringatan Hari Pramuka ke 52 tahun 2013 tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wakil Gubernur DIY, Paku Alam IX selaku irup pada upacara tersebut dalam sambutannya mengatakan Pramuka harus menjadi wahana penanaman nilai, serta membentuk karakter bangsa Indoneia sesuai dengan Pancasila. Karena dengan terbentuknya karakter generasi muda sesuai karakter bangsa Indonesia, diharapkan tidak mudah goyah dengan perkembangan zaman terutama bahaya penyalahgunaan narkoba.

Lebih lanjut dikatakan ada masalah besar yang dihadapi bangsa ini namun belum jelas penyelesaiannya. Persoalan tersebut diantaranya jiwa kebangsaan yang rendah serta bela negara yang perlu terus ditingkatkan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul, Hj.Sri Suryo Widati, Kapolres Bantul, AKBP Ihsan Amin SK MH, Dir Bimas Polda DIY, Kombes Steven M Napiun SIK SH. Serta Muspida Bantul.

Sementara Kepala BLH Bantul Drs. Suwito mengatakan, Kementrian LH dalam pelaksanaan program dan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pada tahun 2011 telah membuat MoU dengn kwarnas gerakan Pramuka dengan membentuk Satuan Karya (Saka) kalpataru.

Saka Kalpataru adaah Satuan Karya Pramuka tempat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan kecakapan serta kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega. Selain itu sebagai wadah untuk menekankan kepedulian dan rasa tanggung jawab dalam mengelola, menjaga, mempertahankan dan melestarkan lingkungan untuk keberlanjutan generasi sekarang dan mendatang.

Bentuk macam kegiatan Saka Kalpataru meliputi latihan Saka berkala terkait Krida Laingkungan Hidup, pekemahan Bhakti Saka dalam rangka bakti lingkungan kepada masyarakat, pekemahan antar Saka untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman serta kegiatan khusus untuk kepentingan terkait hari-hari peringatan lingkungan hidup sedunia, hari pramuka dan lainnya.

Pimpinan Saka Kalpataru tingkat pusat menargetkan hingga Desember 2013 terbentuk sembilan Pimpinan Saka Tingkat Propinsi termask DIY. (mw)

Kirim Komentar Berita
kode rahasia