Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Kamis Pahing, 29 Apr 2010 08:40 WIB | dibaca (1369) | Komentar

Hari Ulang Tahun Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOP TKI) ke 59 dengan Tumpeng Thiwul

Sebagai ungkapan syukur atas perjuangannya yang memasuki tahun ke 59, GOP TKI Bantul adakan HUT dengan memotong tumpeng oleh Sekda Bantul Drs. H. Gendut Sudarto, Kd. BSc. MMA. dan diserahkan kepada Ketua GOP TKI Bantul Hj. Farida, Gendut Sudarto, Rabu (28/4) di Gedung Induk Pemkab Bantul.

Sekda Bantul Drs. H. Gendut Sudarto, Kd. BSc. MMA. dalam sambutannya mengatakan keberhasilan dan kemajuan bangsa tak lepas dari dunia pendidikan. Rangkaian pendidikan pasti secara bertahap dan berjenjang mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Namun pendidikan pra sekolah seperti PAUD dan Taman Kanak-Kanak tak bisa dianggap enteng karena disitulah dasar pembentukan jiwa, karakter dan pengembangan intelektual secara maksimal. Bahkan bisa dikatakan masa golden age manusia berada pada anak usia pra sekolah, maka pengabdian GOP TKI bagi bangsa sangat besar walau pemerintah belum mampu memberi yang terbaik pada perjuangannya.

Sementara Ketua GOP TKI Bantul Hj. Farida Gendut Sudarta mengatakan setiap anak Indonesia usia pra sekolah harus dapat mengenyam pendidikan Taman Kanak-Kanak. Keberadaan GOP TKI dimulai sejak tahun 5 April 1957, banyak kiprah yang telah dilakukan dari generasi ke generasi pengurus yang selalu menjunjung tinggi pengabdian bagi bangsa ini. Kegiatan yang dilakukan selalu diisi hal-hal yang berkaitan dengan pembekalan pendidik yang siap mengabdi untuk anak didik dan pengembangan calon pemimpin.

Lebih lanjut dikatakan di Kabupaten Bantul sampai saat ini tercatat ada 519 Taman Kanak-Kanak dan tahun anggaran 2009 ada 509 yang mendapat bantuan untuk pengadakan alat permainan tiap TK sebesar Rp 600.000,- sementara yang 10 belum mendapat karena baru saja berdiri.

Pada HUT tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dibuat secara tradisional dengan bahan alami yakni tumpeng thiwul (tepung gaplek yang dikukus) dengan rangkaian sambal terong, peyek teri, bacem tempe koro dan sebagainya. Juga diserahkan Tropi dan Piagam serta uang pembinaan pada kejuaraan lomba lukis untuk anak TK dan lomba membuat cerita anak untuk guru.

Juara lomba lukis anak juara I Ian Faza Irsat dari TK Budi Utami Glugo, II Anita Tri Wahyuni dari TK Lembaga Taman III Sutran dan III Ismaya Candra Hindriyani dari TK Ndasari Budi II Krapyak. Sementara untuk cerita anak juara I Diah Nur Sariningtyas, ST dari TK PGRI sewon, II Sri Lestari dari TK Aisyiyah Al Hikmah Kretek dan III Suratmi dari TK ABA Wonocatur. (mw)

Kirim Komentar Berita
kode rahasia