Data Kecamatan

Kecamatan Kretek

WILAYAH ADMINISTRASI

Kecamatan Kretek berada di sebelah Selatan dari Ibukota Kabupaten Bantul. Kecamatan Kretek mempunyai luas wilayah 2.677 Ha.

Alamat kantor kecamatan : Jl. Parangtritis km. 21 Telp.(0274) 368177

Desa di wilayah administratif Kecamatan Kretek:

  1. Desa Donotirto
  2. Desa Parangtritis
  3. Desa Tirtomulyo
  4. Desa Tirtohargo
  5. Desa Tirtosari

GEOGRAFIS

Wilayah Kecamatan Kasihan berbatasan dengan :

  • Utara : Kecamatan Bambanglipuro;
  • Timur : Kecamatan Pundong dan Kabupaten Gunung Kidul;
  • Selatan : Samudra Indonesia;
  • Barat : Kecamatan Sanden dan Pandak.

Kecamatan Kretek berada di dataran rendah. Ibukota Kecamatannya berada pada ketinggian 15 meter diatas permukaan laut. Jarak Ibukota Kecamatan ke Pusat Pemerintahan (Ibukota) Kabupaten Bantul adalah 15 Km. Kecamatan Kretek beriklim seperti layaknya daerah dataran rendah di daerah tropis dengan dengan cuaca panas sebagai ciri khasnya. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Kretek adalah 32ºC dengan suhu terendah 28ºC. Bentangan wilayah di Kecamatan Kretek 95% berupa daerah yang datar sampai berombak dan 5% berupa daerah yang berombak sampai berbukit.

PENDUDUK

Kecamatan Kretek dihuni oleh 7.762 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Kretek adalah 30.834 0rang dengan jumlah penduduk laki-laki 14.835 orang dan penduduk perempuan 15.981 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Kretek adalah 1152 jiwa/Km2. Sebagian besar penduduk Kecamatan Kretek adalah petani. Dari data monografi Kecamatan tercatat 17.215 orang atau 55,8 % penduduk Kecamatan Kretek bekerja di sektor pertanian.

WISATA BUDAYA

1. BEKTI PERTIWI PISUNGSUNG JALADRI

Perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hasil dan rejeki dan sebagai permohonan agar di tahun-tahun mendatang masih diberikan rejeki serta keselamatan bagi warga setempat dan pengunjung obyek wisata Pantai Parangtritis.

2. UPACARA MELASTI

Merupakan tradisi dari masyarakat Hindu DIY dalam rangka menyambut datangnya hari raya Nyepi. Tujuan dari upacara ini adalah untuk penyucian diri. Diselenggrakan di Pantai Parangkusumo.

3. UPACARA LABUHAN HONDODENTO

Upacara ini diselenggarakan di Parangkusumo oleh Trah Hondodento untuk menyambut bulan Suro, agar segala keburukan dan musibah tahun lalu tidak terulang kembali. Keseluruhan rangkaian kegiatan dalam upacara ini melambangkan bahwa upacara labuhan dipersembahkan dengan hati yang suci untuk sesuatu yang utama yaitu kejayaan nusa dan bangsa Indonesia. Dilaksanakan pada tgl 15 bulan Suro.

4. UPACARA PERAYAAN PEH CUN

Merupakan tradisi dari masyarakat Tionghoa dalam rangka mengenang legenda seorang Kaisar yang telah berkorban demi negara dan bangsa Cina. PEH berarti perahu dan CUN berarti dayung. Perayaan Peh Cun disebut juga hari raya wan Yang (twan Wu) yang jatuh pada tanggal 5 bulan 5 tahun kalender Imlek. Dilaksanakan di kawasan Parangtritis.

WISATA ALAM / BUATAN

1. KAWASAN PANTAI PARANGTRITIS

Salah satu dari pantai yang menarik di Yogyakarta adalah pantai Parangtritis. Berlokasi sekitar 27 Km dari kota Yogyakarta yang dapat dicapai melalui desa Kretek atau rute yang lebih panjang, tetapi pemandangannya lebih indah yaitu melal ui Imogiri dan desa Siluk. Pantai Parangtritis adalah pantai yang landai, dengan bukit berbatu, pesisir dan berpasir putih serta pemandangan bukit kapur disebelah utara pantai. Di kawasan ini wisatawan dapat berkeliling pantai menggunakan bendi dan kuda yang disewakan dan dikemudikan oleh penduduk setempat.

2. GUMUK PASIR

Gumuk pasir di sebalah barat Pantai Parangkusumo merupakan laboratorium alam. Keberadaan laboratorium alam sangat diperlukan guna memahami kondisi dan gejala alam yang masih belum diketahui manusia. Kondisi alam sangat banyak ragamnya dan belum banyak dimengerti. Salah satunya adalah fenomena adanya gumuk pasir di daerah tropis.

3. TEMPAT PELELANGAN IKAN DEPOK

Ikan sebagai salah satu hasil laut mulai banyak dimanfaatkan oleh para nelayan di Pantai Depok, sebelah barat lokasi gumuk pasir. Para nelayan hampir setiap hari turun melaut.

4. PARANGWEDANG

Parang Wedang adalah sumber air panas mineral yang menyembur atau memancar keluar. Di Parang Wedang juga tersedia tempat untuk mandi. Air mineral konon dapat menyembuhkan segala macam penyakit kulit.

CAGAR BUDAYA

• KAWASAN PARANGTRITIS

Cakupan wilayahnya meliputi Mancingan, Grogol, Parangtritis. Potensi yang ada Makam Syeh Maulana Maghribi, makam Bela Belu, makam Panembahan Selohening, makam Dipokusumo, makam Kyai Pojok, makam Kyai Tunggulwulung, makam Aris Boyo, makam Jimat Bengkowo, makam Kili Suci, makam Dadap Tulis, makam Barat Ketiga, masjid At-Taqorub, musholla Mancingan, petilasan Parangkusumo, Nglinggangsari, dan Ngrawa Aji, gua Panepen, Langse, Surocolo, Jepang dan Harimba, pemandian Parangwedang, parangtritis dan Tirtasraya, Sumur Kawak Mancingan, Sendang Beji Mancingan.