Data Kecamatan

Kecamatan Piyungan

WILAYAH ADMINISTRASI

Kecamatan Piyungan berada di sebelah Timur Laut dari Ibukota Kabupaten Bantul. Kecamatan Piyungan mempunyai luas wilayah 3.254,86 Ha

Desa di wilayah administratif Kecamatan Piyungan :

  1. Desa Sitimulyo
  2. Desa Srimartani
  3. Desa Srimulyo

GEOGRAFIS

Wilayah Kecamatan Piyungan berbatasan dengan :

  • Utara : Kecamatan Prambanan dan Berbah;
  • Timur : Kecamatan Patuk;
  • Selatan : Kecamatan Pleret;
  • Barat : Kecamatan Banguntapan.

Kecamatan Piyungan berada di dataran rendah. Ibukota Kecamatannya berada pada ketinggian 80 meter diatas permukaan laut. Jarak Ibukota Kecamatan ke Pusat Pemerintahan (Ibukota) Kabupaten Bantul adalah 25 Km. Kecamatan Piyungan beriklim seperti layaknya daerah dataran rendah di daerah tropis dengan dengan cuaca panas sebagai ciri khasnya. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Piyungan adalah 32ºC dengan suhu terendah 23ºC. Bentangan wilayah di Kecamatan Piyungan 41% berupa daerah yang datar sampai berombak dan 59% berupa daerah yang berombak sampai berbukit.

PENDUDUK

Kecamatan Piyungan dihuni oleh 10.177 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Piyungan adalah 37.814 0rang dengan jumlah penduduk laki-laki 18.521 orang dan penduduk perempuan 19.293 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Piyungan adalah 1.162 jiwa/Km2. Sebagian besar penduduk Kecamatan Piyungan adalah petani. Dari data monografi Kecamatan tercatat 16.420 orang atau 43,4 % penduduk Kecamatan Piyungan bekerja di sektor pertanian.

WISATA BUDAYA

• UPACARA KUPATAN JOLOSUTRO

Upacara adat ini diselenggarakan di desa Srimulyo, Piyungan Bantul, bertempat di makam Sunan Geseng yang terletak di dusun Jolosutro. Upacara kupatan Jolosutro dilaksanakan sesudah masa panen padi , hari senin legi bulan Sapar. Namun karena waktu panen mengalami perubahan untuk bulan tidak mesti bulan Sapar dan nama pasaran juga tidak mesti legi asal bukan Pon, sedangkan tanggalnya berdasarkan pedoman penanggalan jawa yaitu tanggal 10 s.d. 15 saat menjelang bulan purnama. Puncak acara dilaksanakan pada siang hari antara pukul 14.00 - 16.00 wib.

WISATA ALAM / BUATAN

• Kid’s Fun Parcs

Kids Fun Parcs adalah taman rekreasi dengan standar internasional, dibangun tahun 1998 diatas tanah seluas 2 ha terletak di Jalan Wonosari, Yogyakarta Km 10. Tempat ini menyediakan fasilitas untuk anak-anak maupun dewasa. Fasilitas yang disediakan antara lain : Dune Bug, Harley Davidson, Jet Rider, Forklift, Grand Canyon, Gnome Land, Jump and Fun, Vespa Ciao, Santa Fe express, Ferrari Cars, Star Trex, Aqua Splash, Adventure Mini Golf dan Go Kart.

CAGAR BUDAYA

1. SITUS PAYAK

Lokasi, Bintaran wetan, Snimulyo, Bahan bangunan Batu putih. Jumlah Satu buah, bangunan petirtaan. Bangunan petilasan Payak berada 6m di bawah tanah. Pada penggalian tahun 1981 ditemukan pula fragmen-fragmen gerabah. Disini ditemukan pula area dan peripih dan batu putih

2. SITUS GAMPINGAN

Lokasi, Gampingan, Sitimulyo. Terdapat 3 buah Candi yaitu 1 buah candi induk, 2 buah bangunan stupa dan 1 buah struktur bangunan. Di lokasi ini ditemukan 3 buah arca Budha dari perunggu dan sebuah arca Bodhisatwa dari batu andesit, serta 9 buah lempengan emas.