Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Jumat Wage, 6 Des 2013 11:32 WIB | dibaca (3185) | Komentar

Adrem, salah satu makanan khas Bantul

Foto Berita 1926 Kue Adrem adalah makanan unik yang berasal dari Kabupaten Bantul, kue ini dibuat dengan bahan baku utama tepung beras dan gula jawa merah yang digoreng. Rasa dari kue ini cukup manis dan sedikit gurih, saat digigit akan terasa legit. Karena bentuknya yang unik, kue ini juga mempunyai nama lain kue Tholpit. bagi warga sekitar nama tersebut sudah biasa di telinga, namun bagi yang baru dengar dan tahu artinya akan sedikit tersenyum.

Makanan yang cocok bila disantap dengan ditemani minuman teh panas maupun kopi yang agak pahit ini, menurut Bu Winarti selaku pengusaha kecil warga Wirosutan, Srigading, Sanden. menjelaskan cukup populer di era tahun 80 - 90an. Seiring dengan berjalannya waktu dan kian bertambahnya keberagaman jenis makanan, kue Adrem ini semakin tenggelam kepopulerannya di generasi saat ini.

Di tahun tersebut berapapun produk yang dibuat akan terserap ke pasar dengan cepat, namun untuk sekarang maksimal 5 kg bahan. Kadang bisa sampai 20 25 kg bila ada pesanan.

Keberadaan dari kue ini pun semakin jarang dijumpai, saat ini kue Adrem hanya bisa dijumpai di beberapa pasar tradisional di Kecamatan Sanden, Srandakan, Pandak dan Kretek. Citarasa dari kue ini juga mengalami perubahan karena adanya perubahan bahan baku gula jawa yang ditambah gula pasir sehingga mengurangi kelegitan rasanya. (mw)

  • b nugrohodikirim Senin Pahing, 9 Des 2013 14:59 WIB

    katanya juga punya nama lain yang cukup memasyarakat ya...