Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Senin Pon, 17 Jul 2017 11:49 WIB | dibaca (288) | Komentar

Bupati Bantul Membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMK N 1 Sewon

Foto Berita 3104Upacara Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMK N 1 Sewon. Senin (17/7). Diskominfo-Pembukaan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tingkat Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2017/2018 dimulai hari ini Senin (17/7). Kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh sekolah dasar dan menengah baik negeri maupun swasta di Kabupaten Bantul tersebut dibuka dengan upacara yang dilaksanakan di lapangan SMK N 1 Sewon, dipimpin oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono.

Pedoman masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru di tahun ajaran 2017/2018 ini telah mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru. Kegiatan Lingkungan Sekolah ini bertujuan untuk mengenalkan program-program sekolah serta sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah sehingga para siswa dapat menanfaatkan dengan baik, selain itu para siswa juga dapat mengenal atau mengetahui teman-teman baru mereka di sekolah yang baru.

Sementara itu dalam laporannya Dra. Sudaryati M.Pd. selaku kepala sekolah SMK N 1 Sewon mengatakan, kegiatan yang pertama masa pengenalan lingkungan sekolah yang didalamnya ada beberapa kegiatan, terkait dengan pengenalan berbagai fasilitas, berbagai jurusan. Smk N 1 Sewon dalam tahun pelajaran 2017/2018 diberikan kuota oleh Dinas DIKPORA DIY untuk menerima peserta didik baru sebanyak 679 yang 672 adalah siswa reguler dan yang 7 siswa anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Dalam sambutannya Bupati Bantul menyampaikan, kabaruan semangat ini mari kita gunakan untuk terus menumbuhkan lingkungan dan suasana sekolah yang menantang sekaligus menyenangkan. Mari kita kembangkan budaya sekolah yang menumbuhkan kemampuan utuh setiap siswa. Tak hanya aspek akademik, namun juga perhatian pada aspek Nilai Agama, Kebangsaan dan Budaya, serta aspek Kepemimpinan, Berfikir Kritis, Berkomunikasi Efektif, berkreasi dan bekerja sama anak-anak kita akan berhadapan dengan tantangan yang berbeda dari generasi gurunya, maka anak-anak kita perlu mempersiapkan diri dengan kemampuan yang relevan tantangan jamannya.

Penumbuhan lingkungan dan suasana sekolah yang menyenangkan juga membutuhkan perlibatan orang tua dan masyarakat. Belakangan ini banyak ditemukan tindak kekerasan yang dilakukan oleh remaja kita. Hal ini menjadi sorotan Bapak Gubernur DIY pada saat acara Syawalan dengan Beliau pada tanggal 10 Juli kemarin. Oleh karena itu perlu kiranya kita meningkatkan kualitas hubungan dengan anak-anak kita. Demikian pula antara pihak sekolah, orang tua dan anak-anak hubungan hangat yang istimewa ini jangan hanya terjalin di hari pertama masuk sekolah namun jalinan komunikasi perlu terus kita jaga selama setahun kedepan. Ujarnya.

Kepada anak-anakku semua, saya ucapkan selamat berjuang dan selamat belajar. Jadilah diri kalian sebagai diri sendiri yang mempunyai jati diri dan Karakter Bangsa Indonesia, teruslah bermimpi dan kejarlah cita-cita kalian dengan belajar yang tekun dan jangan pernh putus asa dalam menggapainya. (ang)