Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Selasa Pon, 10 Okt 2017 13:52 WIB | dibaca (178) | Komentar

Bunga Matahari Ada di Bantul

Foto Berita 3297 Beberapa waktu lalu jagat media sosial heboh dengan adanya Taman Bunga Matahari. Taman Bunga Matahari ini terletak disisi Utara Pantai Samas, tepatnya di Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

Tidak terlalu jauh dari pusat kota, bisa ditempuh dengan kendaraan kurang-lebih satu jam perjalanan. Dari pinggir JalurJjalan Lintas Selatan, kamu bisa melihat ratusan Bunga Matahari bermekaran.

Ibu Etik Purwanti seorang petani cabai yang menanam bunga-bunga matahari itu. Ibu Etik pada awalnya sekedar berniat menanam Bunga Matahari sebagai penahan angin kebun cabainya. Tapi setelah tumbuh cukup besar, keindahan Bunga Matahari itu ternyata mencuri perhatian orang-orang lewat dan viral di instagram.

Bunga matahari yang nama latinnya Helianthus annuus L ini memiliki ciri yang sangat khas yaitu condong ke arah matahari (heliotropisme). Bunga yang dapat tumbuh hingga 2 meter ini memiliki dua tipe bunga bunga yang tersusun majemuk: bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril, dan bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji.

Bunga tabung ini jumlahnya bisa mencapai ribuan kuntum. Menanam bunga matahari ini adalah termasuk usaha konservasi keanekaragaman hayati. Kita bisa mencontoh apa yang dilakukan diatas. Dengan merawat dan menanam tanaman, maka sebenarnya kita juga turut peduli dengan lingkungan hidup. Selain itu lingkungan hidup yang terawat dan indah tentu saja makin mempercantik pemandangan dan menyegarkan mata. (Ang)