Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Kamis Pahing, 12 Apr 2018 12:50 WIB | dibaca (178) | Komentar

Peringatan Hari TB Sedunia Kabupaten Bantul 2018

Foto Berita 3599Peringatan Hari TB Sedunia Kabupaten Bantul 2018 bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Kamis (12/4). Diskominfo - Kesehatan salah satu hak dasar dari setiap individu yang hidup. Dengan hidup sehat maka kita akan bisa mencapai tujuan dan harapan, mempunyai generasi yang tangguh dan negara yang kuat. Sebagaimana visi Kabupaten Bantul yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera, berdasarkan nilai-nilai keagamaan, kemanusiaan, dan kebangsaan dalam wadah NKRI.

Pada Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2018 Kementrian Kesehatan mengambil tema "Sinergisme Pusat dan Daerah dalam Mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) Melalui Percepatan Eliminasi Tuberkulosis, Penurunan Stunting dan Peningkatan Cakupan serta Mutu Imunisasi". Diharapkan setiap daerah dalam pembangunan kesehatan menitik beratkan 3 issue nasional tersebut dengan melibatkan berbagai sektor dan lapisan masyarakat untuk mewujudkannya.

Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Tuberkulosa, yang ditularkan melalui udara (pernafasan). Penyakit ini dapat menjangkiti pada semua golongan umur dari anak-anak sampai dengan dewasa, tidak memandang strata sosial ekonomi di masyarakat. Untuk itu, perlu peningkatan sinergritas lintas program dan lintas sektor agar upaya penanganan TBC dapat dilakukan secara lebih komperhensif dan holistik mulai dari penemuan kasus, deteksi dini, diagnosis sampai dengan terapi.

Tema Hari TB Sedunia 2018 "Bersama-sama kita temukan TB dengan strategi TROSS, Temukan Obati Sampai Sembuh". Upaya pengobatan bukan hanya menjadi tugas dari petugas kesehatan, tetapi masyarakat di sekitar lingkungan penderita juga memiliki peran untuk kesembuhannya. Sehingga perlu adanya dukungan lintas sektor dan lintas program dalam penemuan penderita, pemantauan pengobatan dan menghilangkan stigma/pengucilan pada penderita TB.

Melalui event Hari TB Sedunia ini, mengajak kepada semua pihak dan pemerintah, swasta dan masyarakat untuk peduli/berperan terhadap upaya pengendalian TB di Kabupaten Bantul. (ang)