Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Senin Legi, 21 Mei 2018 13:58 WIB | dibaca (363) | Komentar

Sekda Bantul Riyantono : Inspektorat, Kecamatan Imogiri dan Kecamatan Sedayu Sebagai OPD Berkinerja Terbaik Tahun 2018

Diskominfo - Pada Program Evaluasi Kinerja OPD Tri Wulan I Tahun 2018 Pemerintah Kabupten Bantul mengumumkan bahwa tiga OPD berhasil meraih peringkat Kinerja Terbaik, yaitu Kantor Inspektorat, Kecamatan Imogiri dan Kecamatan Sedayu. Kantor Inspektorat meraih kriteria AA atau sangat memuaskan dengan nilai 94,33, Kecamatan Imogiri 91,75 dan Kecamatan Sedayu dengan nilai 90,93.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Riyantono, M Si. pada saat menyampaikan laporannya didepan Bapak Bupati Bantul , Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD di lingkungan Pemkab. Bantul berlangsung di Ruang Mandhala Saba Gedung Induk Lantai III Komplek Parasamya Bantul, Senin (21/5).

Menurut Sekda, pada dasarnya hampir semua OPD sudah bekerja dengan baik. Pada evaluasi tersebut terdapat empat kriteria yang digunakan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pelaporan dan Pencapaian. Masing-masing ada bobotnya sendiri-sendiri. "Untuk tahun 2018 ini OPD dan kecamatan menjadi satu kesatuan, namun ada perubahan tugas, yaitu salah satu agenda camat adalah mengevaluasi lagi capaian kinerjanya tersebut," terangnya.

Sedangkan tiga OPD yang meraih peringkat CC atau nilai terendah adalah Kecamatan Pleret mengantongi nilai 51,58, Dinas Sosial, P3A, KB meraih nilai 56,13 serta Kecamatan Pajangan dengan nilai 57,82. Masing-masing menerima hadiah dari Pemda Bantul, tiga terbaik menerima hadiah satu unit laptop dan 1 unit printer dan tiga peringkat terendah juga menerima hadiah pula yang diserahkan oleh Bupati Bantul.

Menurut Sekda, pada dasarnya lebih banyak OPD yang kinerjanya lebih baik dari Tri Wulan sebelumnya, namun juga ada beberapa OPD dengan capaian kinerja meningkat, statis dan sangat memuaskan atau dengan peringat AA. Jika dikelompokkan OPD yang mengalami peningkatan kinerja ada 5 OPD dan 3 Kecamatan, yang mengalami kinerja statis yaitu terdapat 13 OPD dan 7 Kecamatan, serta yang mengalami penurunan kinerja terdapat 11 OPD dan 7 Kecamatan.

Sementara Bupati Bantul Drs. H Suharsono dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas suksesnya pelaksanaan evaluasi kinerja Perangkat Daerah Kabupaten Bantul untuk tahun ini. Karena dengan adanya evalusi tersebut akan dapat dipantau mana OPD yang telah melakukan kinerja dengan sangat memuaskan, memuaskan, sangat baik, baik dan masih meraih peringkat cukup.

Bupati berharap dengan evaluasi kinerja ini bisa memotivasi semua OPD, yang telah meraih peringkat sangat memuskan dan memuskan dapat dipertahankan dan yang belum meraih peringkat tersebut bisa termotivasi untuk meraihnya. "Untuk itu mari kita meningkatkan semangat dalam bekerja, berdisiplin dalam melaksanakan program yang ada di masing-masing OPD dengan lebih maksimal lagi, untuk dapat meraih yang terbaik bagi pemerintah dan bagi masyarakat di Kabupatn Bantul ini," ajak Bupati Bantul.

Dengan bekerja bersungguh-sungguh, diharapkan penggunaan anggaran akan tepat sasaran untuk kesejahteraan masyarakat Bantul.

(Sit)