Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Kamis Pahing, 8 Nov 2018 15:36 WIB | dibaca (63) | Komentar

Kenalkan Produk Lokal, Dekranas Bantul Gelar Pameran

Diskominfo - Guna mengembangkan dan memberdayakan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kabupaten Bantul menggelar Pameran Produk Unggulan Tingkat Korwil Kecamatan pada 8 November 2018 di Selopamioro Advanture Park, Imogiri Bantul. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul, Perwakilan Dekranas DIY, Ketua Dekranasda Bantul, OPD terkait, Muspika Kecamatan Imogiri, Perangkat Desa Selopamioro, Pelaku UMKM Kecamatan Imogiri, Tamu Undangan dan Awak Media. Kamis (8/11).

Menurut Ketua Dekranas Kabupaten Bantul Hj. Erna Kusmawati Suharsono, pameran produk unggulan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan produk unggulan tiap kecamatan, sekaligus dalam rangka mengenalkan Program Kerja dan kegiatan Korwil Dekranasda yang ada di 17 Kecamatan di Kabupaten Bantul.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menjembatani kepentingan perajin, khususnya dalam fasilitas sarana untuk memperkenalkan, mempromosikan dan menjual berbagai barang kerajinan hasil produksinya," kata Erna.

Lebih lanjut ia mengatakan produk yang bagus artinya, produk tersebut mempunyai daya saing untuk berkompetisi dalam memperebutkan pangsa pasar. Produk yang bagus tentunya juga mampu memenuhi selera pasar, kegiatan gelar ini diadakan di 17 Kecamatan se-Kabupaten Bantul, hal ini kali pertama dilaksanakan dengan model seperti ini dengan maksud lebih mengenalkan potensi unggulan kecamatan kepada khalayak luas. Gelar acara ini menyuguhkan potensi unggulan berupa: Aneka Batik, Kerajinan Lokal, Aneka Makanan, Hiburan dan Permainan yang dilaksanakan mulai tanggal 8-9 November 2018.

Sementara itu Wakil Bupati Bantul H.Abdul Halim Muslih dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul mengapresiasi setinggi-tingginya segala upaya Dekranasda Kabupaten Bantul menggelar Pameran Produk Unggulan. "Dengan adanya pameran ini saya harapkan mampu mendorong atau merangsang kreativitas dan rasa optimisme tentang masa depan kerajinan produk warga Kabupaten Bantul," tuturnya.

Kabupaten Bantul telah diakui Pemerintah Pusat dalam hal optimalisasi produk kerajinan dan ekonomi kreatif. Banyak produk Bantul yang diakui masyarakat luas dengan kualitas produknya seperti batik Bantul dan aneka olahan makanan.

Pameran produk tersebut dimeriahkan oleh sejumlah stand UMKM yang menyajikan Aneka Batik, Kerajinan Lokal, Aneka Makanan, Hiburan dan Permainan, dan menarik animo masyarakat untuk mengunjunginya tak terkecuali Sriwati warga Sriharjo tampak senang dengan acara pameran ini. "Saya tidak menyangka produk lokal sini bagus-bagus, tidak kalah dengan produk luar," kagumnya.

(alan/febri umy)