Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Kamis Pahing, 17 Jan 2019 10:50 WIB | dibaca (140) | Komentar

Kunjungan Tim dari Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara

BANTUL, DISKOMINFO - Bupati Bantul Drs. H. Suharsono menerima kunjungan Tim dari Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI di Gedung Mandhala Saba Madya, Rabu (16/1).

Menurut Kepala Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Set Jend DPR RI Drs. Helmizar menyampaikan, kehadirannya di Kabupaten Bantul dengan dibawah kepempimpinan Bapak Bupati, desa-desa sudah berjalan dengan baik yang sudah menggunakan sistem.

"Tujuan dari diskusi ini guna mendapatkan penjelasan langsung terkait dengan akuntabilitas pengelolaan dana desa di Kabupaten Bantul," ujarnya.

Helmizar berharap dari diskusi ini dapat memberikan pengetahuan serta informasi terkait alokasi dan realisasi dana desa tahun anggaran 2015-2017.

Dalam sambutanya Bupati Bantul mengatakan, dari pertemuan ini akan dapat memberi inspirasi, motivasi dan mendorong inovasi bagi Kabupaten Bantul terhadap percepatan pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

"Desa adalah akar pembangunan suatu negara. Bila pembangunan di desa kuat, maka negara pun akan kuat. Sehingga maju dan berkembangnya suatu negara bergantung pada keberhasilan kita membangun desa," kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati Bantul menjelaskan bahwa, Pemerintah Daerah sangat merasakan manfaat adanya program dana desa. Selain memunculkan pergerakan ekonomi rakyat yang dapat memutar roda pertumbuhan ekonomi di desa, peningkatan akselerasi kegiatan pembangunan tentunya membawa dampak positif utamanya pada penyerapan SDM berupa tenaga kerja.

Bupati Bantul menambahkan, pemanfaatan dana desa perlu terus kita arahkan, selain itu infrastruktur, juga fokus pada produktivitasnya ekonomi masyarakat agar terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi di desa serta dapat mengentaskan kemiskinan dan ketimpangan dalam rangka menciptakan kedaulatan desa dalam kerangka undang undang.

(ang)