Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Selasa Kliwon, 19 Feb 2019 13:00 WIB | dibaca (73) | Komentar

Pentingnya Ukhuwah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam acara pengajian rutin ASN, Unsur BUMD, BUMN, TNI dan Polri di Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul setiap Selasa Kliwon (19/2) di Masjid Manunggal Bantul , tausiyah disampaikan oleh Ustadz KH. Hasan Asy'i dari Segoroyoso Pleret Bantul.

Tema yang disampaikan adalah 'Pentingnya Ukhuwah Dalam Kehidupan Seharai-Hari'. Ustadz menjelaskan bahwa ukhuwah berasal dari bahasa Arab akhu yang artinya saudara, jadi ukhuwah berarti persaudaraan. Ukhuwah selalu di sampaikan disetiap pertemuan besar oleh Rosulullah SAW, yaitu Ukhuwah Islamiyyah untuk mempersatukan ummat islam.

Hal tersebut selalu disampaikan oleh Rasulullah, karena beliau sudah memprediksi bahwa pada ahir zaman umat islam akan terpecah menjadi 72 golongan, dan hanya satu golongan yang akan diterima Alloh SWT, yaitu golongan Islam yang lurus, selalu berlandaskan pada Al Qur'an, Al Hadits serta para sahabatnya dan para penerusnya yang saleh.

Ustadz menambahkan, bahwa yang disampaikan Rosulullah sudah banyak buktinya saat ini, umat islam saat ini banyak jumlahnya, namun bagaikan buih dilautan yang terombang ambing oleh gelombang air laut. Maksudnya umat islam banyak yang hanya ikut-ikutan trend, tanpa mengkaji dan memahami makna islam yang sebenarnya serta melaksanakan perintah Alloh dengan lurus dan sungguh-sungguh.

Selain ukhuwah Islamiyyah, terang Ustadz Hasan Asyari ada beberapa ukhuwah yang penting diantaranya ukhuwah wathoniyyah yaitu persaudaraan sesama warga negara untuk menguatkan negara agar tetap kokoh dan bersatu. Ukhuwah basyariyyah yaitu persaudaraan sesama manusia, yang harus kita sadari bahwa kita selalu bersosialisasi dengan sesama manusia yang jika dikerucutkan keatas kita satu nenek moyang Adam AS.

Bertolak dari rasa ukhuwah tersebut, akan berdampak positif di berbagai sendi kehidupan diantaranya akan menambah kecintaan kepada Alloh SWT dan Rosulullah SAW. Dalam hadits Qudsyi Alloh berfirman 'Jika ada dua anak manusia saling berkasih-kasihan karena Ku, maka besuk di alam makhsyar akan mendapat perlindunganKu'. Dan menurut ustadz, orang yang selalu menjaga ukhuwah disebutkan sebagai ahli syurga, karena ukhuwah akan meningkatkan kedekatan kepada Alloh SWT.

"Apalagi menghadapi Pemilu Indonesai saat ini, ukhuwah sangatlah ditekankan agar diantara sesama warga masyarakat, sesama profesi dan sesama saudara tidak mudah terpecah walaupun berbeda pilihan atau partai," jelas ustadz hasan Asy'ari. (Siti Zum.)