Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Selasa Pahing, 26 Feb 2019 11:47 WIB | dibaca (139) | Komentar

Wakil Bupati Bantul Pimpin Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2019

Diskominfo-Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih Pimpin Upacara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I T.A. 2019 di Wilayah Kabupaten Bantul, berlangsung di Lapangan Murtigading, Kecamatan Sanden, Selasa (26/2).

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kapten CHB. Hermanto menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan Operasi TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung bertempat di Dusun Pucanganom, Desa Murtigading, Kecamatan Sanden. TMMD Tahun 2019 menggambil tema "Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersihan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional".

Kapten Hermanto menambahkan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan sebagai sasaran pokok antara lain pembuatan jembatan : P : 5 M, L : 4.60 M, T : 2.30 M Tbl : 0,25 M, Bangket Jalan : P : 385 M, T : 1.30 M, Tbl : 0.40 M dan sasaran non fisik diantaranya Bid Pendidikan Bela Negara, Bid Kesehatan Masyarakat, Bid Model Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan, Bid Sos Pengurusan Adm Kependudukan, Bid Sertifikat Tanah, Bid Kesehatan Reproduksi Remaja, Bid Gul Terorisme dan Radikalisme, Bid Penyalahgunaan Narkoba, Bid Peran DPPKBPMD dalam mensejahterakan Masyarakat Desa, Menjaga Kerukanan Masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2019, Sos Mekanisme/Alur Bantuan Keuangan Kepada Desa, Sos Etika berlalu lintas dimasa bulan kampanye.

"Pelaksanaan kegiatan akan berlangsung mulai tanggal 26 Februari s.d 27 Maret 2019, kami akan mengerahkan sekitar 125 personil yang terdiri dari unsur TNI 35 orang, Polres Bantul 10 orang, Perangkat dan TPK 10 orang, Linmas 10 orang, Tagana 10 orang dan Masyarakat 50 orang," terang Hermanto.

Sementara Wakil Bupati Bantul dalam awal amanatnya mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa adalah semangat juang kemanunggalan TNI dan Rakyat. TMMD adalah aktualisasi budaya gotong royong yang mengajak seluruh elemen di daerah kita bergandengan tangan, menyatukan perbedaan, menyelaraskan kepentingan, serta menggelorakan kembali semangat gotong royong sebagai nilai luhur bangsa.

Terbukti baru saja Kabupaten Bantul ditetapkan dan mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menjadi daerah yang memiiki kinerja terbaik, yang dibuktikan dengan mendapat nilai A dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

"Melalui program TMMD ini akan menjadi wahana hakekat kemanunggalan, keseriusan dan kinerja terbaik TNI untuk terlibat langsung dalam berbagai upaya mensukseskan program percepatan pembangunan di Kabupaten Bantul," harap Wabup Bantul.

Wakil Bupati Bantul berpesan agar bersama sama menumbuhkan semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan daerah, sehingga akan tercapai jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh dan kuat, serta terwujudnya kemanunggalan TNI dan Rakyat.

(ang)