Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Kamis Wage, 28 Feb 2019 11:34 WIB | dibaca (174) | Komentar

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kabupaten Bantul di Taman Glugut

Pemerintah Kabupaten Bantul terus berupaya mensukseskan Bantul Bersih Sampah 2019, salah satunya dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2019 yang bertempat di Taman Glugut, Wonokromo, Pleret. Kamis (28/2).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Ari Budi Nugroho, ST. M.Sc, tujuan dari pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yaitu, sebagai upaya membangun kesadaran bersama untuk hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah, mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial, sebagai upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang permasalahan dan solusi dalam penanganan sampah sejak dari sumbernya serta sebagai upaya untuk mendukung Bantul Bersih Sampah 2019.

Dalam sambutanya Bupati Bantul menyampaikan, Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) merupakan momentum seluruh pihak untuk mewujudkan kesamaan langkah dan kepedulian dalam pengelolaan sampah. Dengan kegiatan ini diharapkan akan dapat dijadikan parameter bagi seluruh lapisan masyarakat untuk selalu peduli dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang.

"Jadikan budaya hidup kita, untuk terus peduli dan menjaga Kabupaten Bantul supaya bersih dan indah, mulai dari diri kita dan lingkungan tempat tinggal kita serta tempat kerja kita," pesan Bupati.

Bupati Bantul menambahkan, beberapa komunitas dan kelompok masyarakat di kabupaten Bantul sudah melihat sampah sebagai komoditas. Mereka mengolah sampah menjadi barang yang mempunyai nilai dan bisa dijual karena memiliki cita rasa seni yang bagus. Itu semua bisa dilakukan bila kita memulainya dengan memilah sampah. Mana sampah yang bisa diolah mana yang tidak bisa diolah.

"Kita semua juga harus mulai mengajarkan pada anak-anak kita untuk memilah dan memilih sampah-sampah tersebut. Dengan mengajarkan sejak dini, maka saat dewasa nanti kita harapkan mereka akan lebih baik dalam mengelola sampah," lanjut Bupati.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada juara Lomba Melukis Tingkat SD/MI, dan juara Lomba Kebersihan Lingkungan Desa Tingkat Kabupaten Bantul.

(ang)