Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Kamis Wage, 28 Feb 2019 17:04 WIB | dibaca (112) | Komentar

Optimalkan Fungsi PPID, Diskominfo Gelar Sosialisasi

Foto Berita 3997 BANTUL, DISKOMINFO - Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar kegiatan Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat Mandala Saba Pracima Parasamya, Kamis (28/2).

Peserta yang diundang adalah PPID Pembantu sejumlah 54 OPD yang sebagai Ketuanya adalah Sekretaris Dinas/ Badan/Kecamatan.

Kepala Dinas Kominfo Ir. Fenty Yusdayati, M.T. selaku Penasehat PPID Pembantu dalam pengarahannya menyampaikan bahwa PPID Pemerintah Kabupaten Bantul selama ini belum berjalan maksimal, meskipun sudah ada SK Bupati Bantul No. 151 Tahun 2017 yang mengatur tugas dan wewenang PPID.

"Website Pemda Bantul adalah muka Bantul, untuk itu harus selalu di-update. Semua pejabat teknis di OPD ditiap seksi, bidang harus menginformasikan kegiatannya kepada Sekretaris agar dapat diinformasikan lewat web PPID masing-masing," pesan Fenty. Tujuannya agar masyarakat mengetahui apa yang kita kerjakan dan dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Komisi Informasi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Suharnanik Listiana, S.Sos, dengan materi Monitoring dan Evaluasi PPID Badan Publik Negara.

Komisi Informasi akan melakukan evaluasi pelaksanaan layanan informasi oleh badan publik 1 (satu) kali dalam setahun. Metodologi yang digunakan ada 5 tahapan yaitu : Kuisioner Self Assesment, Verifikasi Website, Uji Akses, Visitasi Badan Publik dan Presentasi.

"Prinsip dalam pelayanan informasi adalah mudah, murah, cepat dan sederhana," jelas Nanik.

Selesai pemaparan materi dilanjutkan diskusi tanya jawab yang dipandu oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Bantul Dian Mutiara Sri Rahmawati, S.H,M.M. untuk membahas persoalan yang terjadi di masing-masing OPD.

Setiap OPD selaku PPID Pembantu berkomitmen untuk menjadi lebih baik di tahun 2019. Untuk memotivasi hal tersebut Dinas Kominfo telah menyiapkan hadiah berupa PPID Award. (sri mulyani)