Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Sabtu Legi, 2 Mar 2019 08:14 WIB | dibaca (154) | Komentar

Wakil Bupati Bantul Launching Bulan Dana PMI Kabupaten Bantul 2019

Foto Berita 3999 Diskominfo - Bulan Dana PMI Tahun 2019 Kabupaten Bantul, akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret dan berakhir 31 Mei 2019. Sumbangsih masyarakat melalui Bulan Dana PMI di Bantul dari tahun ke tahun semakin meningkat signifikan. Di tahun 2018 saja, terkumpul Dana sebesar 680 jutaan.

Peran PMI Bantul dikancah nasional dalam membantu korban bencana alam dari Gempa Lombok hingga Tsunami dan Gempa Bumi di Sulawesi tengah, bantuan dari masyarakat sudah disalurkan, baik berupa logistik sembako hingga peralatan untuk menggenjot ekonomi warga berupa perahu nelayan atau lainnya.

Menurut Ketua PMI Bantul M. Wirmon Samawi, bulan dana PMI di tahun 2019 ditargetkan mencampai satu milyar rupiah. " Semua dana berasal dari masyarakat dan kembali ke masyarakat, terkait jumlah dana yang terkumpul dari masyarakat telah diaudit oleh eksternal publik, sehingga penggunaan dana benar-benar akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan, " kata Wirmon.

Sementara Plt. Sekretaris PMI Bantul Budianto, melaporkan kegiatan PMI Kabupaten Bantul tahun 2018 - 2019, yang meliputi bidang pelayanan sosial dan kesehatan, seperti : pelayanan gawat darurat 24 jam, pelayanan mengantar dan menjemput pasien ke.dari rumah sakit, pelayanan mobil jenazah, dukungan medis kegiatan masyarakat maupun instansi, pengobatan massal. Bidang Sumber Daya Manusia meliputi pengembangan kapasitas relawan,pelatihan pertolongan pertama untuk masyarakat, instansi dan dunia usaha.

Selanjutnya untuk Bidang Penanggulangan Bencana meliputi pelayanan tanggap darurat kebencanaan, penyaluran bantuan kemanusiaan dan bencana, pelayananan pemulihan hubungan keluarga. " Untuk bidang transfusi darah, kegiatan yang dilakukan seperti pelayanan penyediaan darah yang sehat dan aman, penyelenggaraan pelayanan donor darah serta peningkatan pelayanan mutu produksi darah, " paparnya.

Wakil Bupati yang sekaligus Ketua PMI Kabupaten Bantul H. Abdul Halim Muslih, dalam sambutannya mengapresiasi kinerja PMI Bantul yang kini menduduki nomor 2 setelah Kabupaten Sleman dalam capaian penghimpunan dana PMI dari masyarakat. Kehadiran PMI dalam membantu kemanusiaan dan tanggap bencana, sangat signifikan membantu pemerintah di daerah yang terkena bencana alam.

" Di dunia ini kita kenal yang namanya Bulan Sabit Merah, Red Cross, dan kita memiliki PMi yang merupakan organisasi kemanusiaan yang selalu hadir pada saat dibutuhkan, terkait penanganan bencana, pemerintah manapun tidak akan bisa optimal tanpa bantuan organisasi semacam PMI ini, " tutur Halim.

Menandai dilaunchingnya Bulan Dana PMI Kabupaten Bantul Tahun 2019, secara simbolis diserahkan stiker/bukti karcis pemberian dana PMI dari Ketua PMI Kabupaten Bantul kepada Sunarto Pengurus PMI Bantul. (rachmanto)