Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Rabu Pahing, 13 Mar 2019 12:23 WIB | dibaca (56) | Komentar

PD BPR Bank Bantul Terus Mendorong Pemberdayaan UMKM di Kabupaten Bantul

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) telah terbukti efektif dan tangguh sebagai motor penggerak perekonomian nasional setelah mengalami krisis ekonomi yang berkepanjangan. Namun dibalik ketangguhan UMKM masih dijumpai berbagai kendala seperti pengelolaan usaha yang masih tradisional, kualitas sumber daya manusia (SDM) yang belum memadahi, skala dan teknik produksi yang rendah serta masih terbatasnya akses kepada lembaga keuangan, khususnya perbankan.

Sebagai wujud peran aktif PD BPR Bank Bantul untuk memajukan UMKM, menggelar gathering dan pemberdayaan bagi pengelolaan UMKM dengan materi "Motivasi dan Meningkatkan Keahlian, Pengetahuan dan Pengelolaan UMKM". Kegiatan ini bertempat di Aula Balai Desa Trimulyo, Jetis. Yang jumlah pesertanya 50 orang dari Kecamatan Jetis. Rabu (13/3).

Menurut Direktur Utama PD BPR Bank Bantul Dra. Hj. Aristini Sriyatun, Bank Bantul mulai dari tahun 2003 sudah memberikan kerjasama dengan UMKM dibidang kredit modal itu dengan sistem kelompok kelompok.

"Saat ini Bank Bantul menyediakan kredit untuk angkringan yang ada di Bantul. Sehingga dari angkringan itu bisa menyekolahkan anaknya sampai jenjang perguruan tinggi," katanya.

PD BPR Bank Bantul tidak hanya menerima kredit tetapi juga membina untuk menabung, dimana tabungan yang ada di Bank Bantul ada beberapa tabungan yang setiap tahunya ada undian dan hadiahnya adalah 2 mobil, sepeda motor serta barang-barang elektronik.

"Jika kita menabung di Bank Bantul itu lingkupnya kecil hanya se Kabupaten Bantul, tapi kalau kita menambung di bank bank umum lingkupnya se Indonesia, jadi harapan untuk mendapatkan hadiah lebih tinggi dibandingan dengan bank umum," ujar Direktur Utama PD BPR Bank Bantul.

Dra. Hj. Aristini Sriyatun berharap dengan acara pemberdayaan UMKM ini, bisa memberikan motivasi kepada bapak/ibu yang mempunyai usaha agar lebih berkembang.

Acara dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh Bapak Erik Hadi Saputra selaku narasumber.

(ang)