Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Senin Pahing, 18 Mar 2019 14:18 WIB | dibaca (127) | Komentar

Bupati Bantul Tinjau Langsung, Desa Terdampak Banjir

Diskominfo - Akibat dari hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Minggu pagi sampai malam, mengakibatkan sejumlah kecamatan di Kabupaten Bantul terdampak banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Bupati Bantul Suharsono didampingi OPD terkait langsung meninjau lokasi banjir yang diakibatkan hujan tak kunjung reda pada minggu malam. Bupati meninjau lokasi yang pertama di Dusun Kedungbuweng, Wukirsari dan lokasi kedua di Dusun Dusun Mojolegi, Karangtengah, Imogiri. Senin (18/3).

Menurut Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto mengatakan sejumlah Kecamatan di Kabupaten Bantul diantaranya Imogiri, Dlingo, Bantul, Kretek, Pundong dan Kasihan dilaporkan terdampak banjir, longsor dan pohon tumbang.

Banjir di Kabupaten Bantul memiliki kharakteristik cepat surut, banjir yang kini terjadi merupakan efek hujan yang terus-menerus dan merata di DIY, Bantul merupakan zona merah bencana banjir artinya bilamana daerah utara hujan deras pasti mengalirnya ke Bantul, andaikata Bantul hujan deraspun tidak akan terjadi seperti ini, katanya.

Disampaikan Dwi Daryanto dari sejumlah kecamatan tersebut dikabarkan Kecamatan Imogiri paling parah terdampak banjir. Hal ini karena disejumlah desa di Kecamatan Imogiri yakni desa Wukirsari, Imogiri, Karangtengah, Girirejo dan Sriharjo, masyarakatnya tinggal di bantaran aliran sungai yang cukup besar yakni sungai Celeng dan Oya.

Saat ini gabungan ratusan relawan dari berbagai lembaga kebencanaan di wilayah DIY, fokus melakukan evakuasi terhadap sejumlah warga yang terdampak tanah longsor dan banjir semalam, ucapnya.

Dari 4 warga korban tanah longsor di Dusun Kedungbuweng, Wukirsari ditemukan 1 orang meninggal dunia 3 orang ditemukan selamat dan di Dusun Mojolegi, Karangtengah 1 orang ditemukan meninggal dunia.

Sementara Bupati Bantul Suharsono, dalam kunjungannya mengapresiasi BPBD Bantul dan tim gabungan serta relawan yang telah bekerja dengan tanggap dan sigap menghadapi bencana banjir dan tanah longsor yang kini melanda sebagian di wilayah Bantul.

Saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat luas atas segala bantuan yang diberikan kepada saudara-saudara kita di Bantul, semoga semangat gotong royong yang kita miliki bersama, mampu mengatasi akibat dari bencana alam dengan baik dan cepat, tutur Bupati Suharsono.

Pada kesempatan itu Bupati Bantul menyerahkan bantuan BAZIS senilai Rp. 25.000.000,- dari Bank BPD DIY, kepada warga terdampak bencana.

(Angga Prastowo)