Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Kamis Wage, 9 Mei 2019 12:05 WIB | dibaca (104) | Komentar

Fokus Prioritas Kegiatan dan Anggaran Perencanaan Tahun 2020, Bupati Bantul Berikan Arahan Kepada OPD

Diskominfo - Guna mengoptimalkan prioritas kegiatan dan angggaran perencanaan tahun 2020, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono memberikan pengarahan dihadapan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se-Kabupaten Bantul, Sekretaris dan Kepala Bidang OPD di Meeting Room Mandala Saba Paramasya Bantul. Kamis (9/5).

Mengawali arahannya, Bupati Bantul menyampaikan rasa syukur, terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh kepala Perangat Daerah beserta jajarannya atas kinerja pada Triwulan I Tahun 2019 ini yang telah dilaksanakan sehingga Bantul menduduki peringkat II se DIY. " Saya mengharapkan capaian kinerja kita itu, untuk dapat dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan , " katanya.

Lebih lanjut dalam arahannya dia mengatakan, perencanaan RKPD Tahun 2020 merupakan penjabaran RPJMD 2016-2021 tahun Keempat, Bupati mengharapkan perencanaan 2020 bener-benar mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada antara lain pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, dan ketimpangan. Sehingga dengan demikian sasaran daerah yang telah ditetapkan dapat tercapai pada akhir periode RPJMD.

Adapun Arah Kebijakan Perencanaan Tahun 2020, kegiatan lebih difokuskan pada :

1. Kegiatan yang langsung menyentuh kepada masyarakat. Sebagai contoh di bidang kesehatan keberpihakan dan perhatian yang serius Pemda kepada masyarakat dengan kebijakan Puskesmas Gratis, dan pemenuhan operasional Pendidikan, demikian juga sektor lainnya harus diarahkan pada kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat.

2. Menumbuhkan perekonomian, antara lain melalui pembangunan infrastruktur strategis, misalnya : pelebaran & peningkatan jalan Cinomati, pembangunan taman dan ruang terbuka hijau, pengelolaan Stadion Olah Raga / Gelanggang Olah Raga, dan lain-lain.

3. Mengurangi ketimpangan , baik ketimpangan pendapatan maupun ketimpangan wilayah, contohnya Ketimpangan pendapatan, melalui pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran dan Ketimpangan wilayah, melalui pengembangan kawasan dalam rangka menangkap peluang keberadaan bandara YIA.

4. Penanganan /Rehabilitasi dampak bencana di beberapa wilayah.

" Perlu saya sampaikan juga tahun 2020, Kabupaten Bantul melaksanakan Pilkada dan Pilurdes, sehingga alokasi anggaran juga terserap banyak untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut. Mengingat keterbatasan kemampuan keuangan daerah maka dengan mempertimbangkan kebijakan terhadap fokus kegiatan priotitas dan strategis sebagaimana tersebut diatas , saya sampaikan juga semua Perangkat Daerah agar dapat segera menyesuaikan dan menindaklanjutinya, " tutur Bupati.

Mengakhiri arahannya, Bupati mengajak kepada semua Perangkat Daerah agar segera melakukan pencermatan ulang terhadap kegiatan yang telah direncanakan untuk tahun 2020, sehingga alokasi anggaran benar-benar efektif sesuai prioritas dan kegiatan-kegiatan strategis.

Usai arahan dari Bupati Bantul Suharsono, dilanjutkan dengan sesi pemaparan atau presentasi dan sesi tanya jawab kegiatan dan anggaran perencanaan masing-masing OPD yang disajikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Isa Budi Hartomo, M.T.

(rachmanto)