Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Senin Pon, 17 Jun 2019 13:46 WIB | dibaca (116) | Komentar

Sarasehan Hari Koperasi Ke-72 Di Kabupaten Bantul

Foto Berita 4099 Diskominfo>>Untuk menyambut HUT Koperasi Ke-72 di Kabupaten Bantul dilaksanakan sarasehan bertema 'Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0' berlangsung di Gedung Induk Lantai III Komplek Parasamya Bantul, Senin (17/6).

Dalam laporannya Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul Drs. Agus Sulistiyana, MM. menyampaikan bahwa saat ini koperasi yang sudah berbadan hukum di Kabupaten Bantul berjumlah 348 koperasi, diantaranya koperasi produksi sebanyak 40 buah, koperasi konsumsi 149 buah, koperasi simpan pinjam sebanyak 122 buah, koperasi jasa 34 buah dan koperasi pemasaran 3 buah.

Adapun kesehatan koperasi simpan pinjam, baik yang konvensional maupun syariah pada tutup buku ahir tahun 2018 terdapat koperasi yang sehat 82 koperasi, cukup sehat ada 129 koperasi dan dalam pengawasan ada 3 koperasi.

Koperasi sebagai badan usaha mempunyai fungsi ekonomi dan fungsi sosial, diantaranya melalui corporate social responsibility (CSR) telah disalurkan sebesar Rp 1,7 miliar, dan kami bersama koperasi-koperasi telah menelorkan satu gagasan, kedepan CSR akan dikelola dalam satu wadah, kemudian digunakan untuk pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bantul yang saat ini masih terdapat sebesar 13 persen dari total penduduk Bantul.

Adapun tujuan dilaksanakan sarasehan diantaranya untuk meningkatkan optimalisasi gerakan koperasi di Kabupaten Bantul, mendorong perekonomian di Bantul. "Gerakan koperasi di Kabupaten Bantul juga diharapkan bisa menumbuhkan pelaku wirausaha baru dan pengusaha yang telah ada," kata Sulis. Peserta adalah gerakan koperasi di Kabupaten Bantul sebanyak 200 koperasi.

Dalam rangka peringatan hari koperasi ini juga dilaksanakan kegiatan tangkas perkoperasian tingkat SMA (10 April), untuk tingkat SMP (12 April) dan koperasi Bantul akan ikut Koperasi Ekspo di Purwokerto yang akan berlangsung pada tanggal 11-14 Juli 2019.

Puncak acara akan dilaksanakan Upacara HUT Koperasi ke-72 pada tanggal 23 Juli 2019 di lapangan Pleret. Sedangkan tingkat DIY akan dilaksanakan di Sleman pada tanggal 25 Juli 2019.

Sementara sambutan Bupati Bantul diantaranya menyampaikan, kami berharap agar pencintraan koperasi dapat terus ditingkatkan melalaui pengelolaan koperasi secara profesional, demokratis, dalam usaha dan kegiatan yang banyak menyentuh kebutuhan masyarakat tanpa menghilangkan jati diri koperasi itu sendiri.

Untuk itu kami mengingatkan kepada para pegiat koperasi di Kabupaten Bantul agar supaya melek teknologi informasi di tengah era revolusi industri 4.0 dan perkembangan TI dunia yang sangat cepat dan canggih, khususnya lewat bisnis online yang semakin marak saat ini. "Yang harus dilaksanakan pula bahwa koperasi yang sehat harus tertib secara keseluruhan kegiatannya," pesannya. (Siti Zum)

  • Risnadikirim Senin Pon, 17 Jun 2019 15:50 WIB

    Acara yang sangat baik dalam mpersiapkan era 4.0 untuk para pns https://wp.me/P9eDVy-2 https://wp.me/PaFjCi-2 https://wp.me/PaFjCi-7K https://wp.me/PaY6ob-2 https://wp.me/PaY6ob-6C https://wp.me/PaY6ob-6s https://wp.me/P9eDVy-2 https://wp.me/P9eDVy-ig https://wp.me/P9eDVy-fP