Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Selasa Wage, 22 Jan 2008 12:06 WIB | dibaca (3410) | Komentar

Labuhan Hondodento di Parangkusumo, Kamis (24/1)

Untuk memuliakan, meluhurkan dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia serta bersama masyarakat luas ikut mewujudkan tata kehidupan bangsa, berkepribadian nasional dalam rangka memayu hayuning bawono, Yayasan Hondodento akan menggelar acara tradisi ritual di pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul hari Kamis (24/1) besok mulai pukul 07.00 WIB.

Acara tradisi ritual labuhan oleh Yayasan Hondodento yang dilaksanakan tepat pada tanggal 15 Suro taun 1941 Saka tersebut, menurut Kakan Humas dan Informasi Kabupaten Bantul Sunarto, SH MM telah menjadi agenda wisata tahunan di pantai Parangkusumo sehingga senantiasa menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah di DIY dan Jateng Selatan sebagaimana even tahun baru dan tanggal 1 suro.

Sesuai dengan situasi kondisi ekonomi dan keamanan, upacara labuhan yang akan dilakukan secara sederhana namun tidak menghilangkan makna serta maksud tujuannya tersebut prosesinya akan diawali dari Pendopo pantai Parangtritis menuju Cepuri pantai Parangkusumo menysusuri pantai kemudan dilakukan labuhan di pantai Parangkusumo.

Sebelum labuhan dilakukan doa mengagungkan nama Tuhan dan memohon kerunia-Nya semoga rakyat dan bangsa Indonesia selalu mendapat rahmat dan lindungan agar mendapat kesejahteraan lahir dan batin, tambah Tri Budiharjo selaku ketua panitia labuhan dari Yayasan Hondodento. (bn)

  • Arifdikirim Jumat Kliwon, 18 Des 2009 18:20 WIB

    Sukseskan budaya bangasa.... salam www.mbiru.com

  • kalung rantedikirim Ahad Legi, 4 Des 2011 16:52 WIB

    kami turut mendukung acara ini .dan ag ucapkan banyak terima kasih untuk yayasan ini.dan kami sri sedayu dan sri tumampil jg ucapkan banyak makasih kami yg ke 12 wasalam