271 kelompok usaha perikanan dan kelautan, terima bantuan

27 Desember 2012 - 14:55
Pada akhir tahun 2012 Pemkab Bantul kembali menyerahkan bantuan modal dan sejumlah peralatan usaha guna meningkatkan kegiatan perekonomian kepada masyarakat, Rabu (26/12) di Parasamya Bantul. Bantuan tersebut merupakan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) yang diperuntukkan kepada 271 kelompok usaha perikanan dan kelautan.

Bupati Bantul Hj. Sri Suryo Widati dalam sambutannya mengharapkan bantuan modal dan alat dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dengan bantuan tersebut tentunya bisa menambah semangat kerja lebih giat sehingga hasilnya bertambah banyak.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bantul , Edy Machmud, disela-sela acara mengatakan BLM yang diberikan kepada kelompok ini menyesuaikan kebutuhan diantaranya pompa air, terpal, peralatanpengolahan ikan, mobil box dan peralatan usaha bidang perikanan lain serta modal usaha. Dari 271 Kelompok dibagi 3 bidang yakni Bidang Bina Usaha dan Wasdal SDKP, Bidang Kelautan dan Perikanan Tangkap serta Bidang Perikanan Budidaya.

Lebih lanjut dikatakan kelompok penerima bantuan ini terdiri dari 31 kelompok bidang perikanan tangkap, 194 kelomok bidang perikanan budidaya dan 46 kelompok bidang pengolahan dan pemasaran ikan. Bantuan untuk meningkatkan usaha kelompok perikanan dan kelautan ini berasal dari APBD bantul, APBD DIY dan APBN 2012.

Ditempat yang sama, sekrestaris DKP Bantul, Imam Subadiar, mengatakan selama ini kelompok usaha perikanan dan kelautan di Bantul masih terkendala oleh sarana dan prasaranayang belum memadai untuk menngkatkan usaha perikanan.

"Bantuan ini tentu akan bisa membantu kelompok dalam optmalkan kegiatan dan pemasaran. Karena tujuan utamanya bantuan ini untuk kesejahteraan kelompok pembudidaya, nelayan serta masyarakat" katanya.

Ia juga mengatakan, bantuan peralatan usaha tersebut diberikan sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan, dan dalam beberapa bulan ke depan akan dimonitor atau diawasi penggunaannya.

"Jadi kalau ketahuan bantuan peralatan tidak dimanfaatkan, maka akan menjadi catatan kami untuk tidak bisa mendapatkan bantuan lagi. Bahkan ketika masih bisa digunakan maka akan dilimpahkan ke kelompok lain yang memang membutuhkan" tegasnya.

Selesai acara Bupati bersama Ketua DPRD Bantul langsung melihat-lihat peralatan yang diserahkan dan berdialog dengan anggota kelompok penerima. (dib)

Komentar (0)

TOP