Bupati Bantul Ajak Satlinmas Rescue Istimewa, Sukseskan Pilkada Serentak 2020

15 Januari 2020 - 14:57

 

Diskominfo - Guna mensinkronkan ketugasan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Rescue Istimewa, pagi ini Bangal Rumah Dinas Bupati Bantul dilaksanakan penyerahan 99 personil  Satlinmas Rescue Istimewa Koordinator Wilayah  III (Parangtritis) dan IV (Samas) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul kepada Satuan Polisi Pamong Praja Bantul. Selasa (15/1).

Hadir pada acara tersebut Asisten Pemerintahan, Perwakilan BPBD DIY, Kepala BPBD, Kepala Satpol PP, Forkopimcam Kretek, Forkopimcam Sanden, OPD terkait dan sejumlah tamu undangan.

Asisten Bidang Pemerintahan Dra. Sri Ediastuti, M.Sc., membacakan amanat Bupati Bantul mengatakan, atas nama  Pemerintah Kabupaten Bantul menyampaikan terima kasih dan apresiasi luar biasa kepada seluruh anggota  Satlinmas Rescue Istimewa Kabupaten Bantul atas sumbangsih, dedikasi serta ketulus ikhlasan darma baktinya dalam mengabdikan diri berpatisipasi membantu upaya sar (search and rescue) korban bencana maupun kecelakaan, mendukung upaya penanggulangan bencana serta ikut menjaga ketertiban umum.

“ Keberadaan satlinmas rescue istimewa sangat penting dan strategis, karena akan menjadi daya dukung tersendiri bagi Kabupaten Bantul sebagai daerah tujuan wisata. Karena itu saya berharap kepada semua anggota satlinmas rescue istimewa untuk senantiasa dapat meningkatkan  pengabdiannya sesuai dengan tugas dan fungsinya  guna meningkatkan ketertiban, pengamanan  dan kenyamanan di kawasan wisata, “ tuturnya.

Dia mengajak semua anggota linmas rescue saya minta harus  selalu menampilkan performa profesional, handal dan mempunyai kemampuan pemikiran yang jernih, serta kesehatan dan kemampuan fisik yang prima untuk menunjang keberhasilan dalam pelaksanaan tugas - tugas di lapangan.

Selanjutnya sebagai bentuk upaya yang strategis di dalam upaya kita bersama mempertahankan performa Bantul sebagai kota wisata yang nyaman, damai dan tentram, kepada seluruh anggota linmas rescue saya meminta agar dapat meningkatkan keterampilan, kepekaan dan selalu sigap serta handal terhadap segala musibah atau kecelakaan maupun bencana yang mungkin terjadi. “ Selain hal tersebut kepada satlinmas rescue istimewa saya minta juga  dapat bekerjasama secara terpadu dengan unsur-unsur lainnya yang terkait, dalam perlindungan dan penyelamatan masyarakat, “ ucapnya.

Disisi yang sama dia juga berharap, kepada saudara saudara agar dapat berperan menjadi duta duta wisata kabupaten bantul yang senantiasa bersikap ramah kepada setiap pengunjung. Ciptakan perasaan aman dan nyaman kepada mereka, sehingga mereka akan mempunyai cerita baik dan menarik yang akan di share kepada rekan ataupun teman temannya, yang hal ini tentu akan menjadi daya tarik  bagi rekan dan temannya untuk berkunjung di Kabupaten Bantul. Karena itu saya meminta bahwa peran ini harus selalu dimengerti dan dipahami serta menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap anggota linmas rescue istimewa.

Terkait, di tahun 2020 Kabupaten Bantul akan melaksanakan dua hajatan demokrasi, yakni pemilihan lurah (pilurdes) serentak di bulan Juni kemudian dilanjutkan pemilihan kepala daerah (pilkada) di bulan September.

“ Saya meminta dan mengajak kepada keluarga besar linmas rescue istimewa agar dapat menunjukkan bahwa Bantul adalah kabupaten yang memiliki kematangan demokrasi. Sehingga, meskipun ada perbedaan, semua itu tetap sebagai sebuah semangat demokrasi. Saya berkeinginan mudah-mudahan di tahun politik ini banyak ide baru yang muncul, jadi semua hajatan demokrasi yang kita laksanakan akan bisa mencerahkan warga masyarakat, “ ajak Bupati Bantul.

Terakhir saya sampaikan kepada semua anggota linmas saya harapkan agar mengoptimalkan pencegahan dan deteksi dini di lingkungan masing masing terhadap besar kecil kemungkinan bahaya atau pergerakan yang bermuara pada terancamnya pelaksanaan pilurdes dan pilkada.

“ Ingatkan dan sadarkan masyarakat untuk tidak menyebarkan hoax, ujaran kebencian, fitnah khususnya yang terkait dengan kontestan pilurdes dan pilkada. Mari kita jaga bantul dari segala tindakan yang memecah belah persatuan. Mari kita jadikan bantul sebagai barometer yang positif bagi pelaksanaan pilurdes dan pilkada, “ tambahnya.

 

Komentar (0)

TOP