Latihan Manasik Haji Diikuti 1002 Anak TK se Kec. Bantul

23 Februari 2008 - 11:15
Latihan manasik haji yang dilangsungkan di komplek alun-alun Paseban Bantul diikuti oleh 1002 anak TK yang terdiri dari 31 TK se Kecamatan Bantul. Pembukaan acara tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas P dan K Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Pengawas SD dan TK Dinas P dan K Kab. Bantul Drs. H. Sunarto, di Alun-Alun Paseban Bantul, Sabtu (23/2).

Hadir pula dalam acara tersebut Kapolsek Bantul, Camat Bantul dan segenap panitia. Dalam sambutannya Sunarto mengatakan bahwa acara semacam ini amat bermanfaat dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa yang bermoralkan agama. ''Acara yang baik dan positif ini diharapkan pula akan menjadi event budaya yang bernilaikan agama yang menarik dan dapat bermanfaat bagi anak TK dibidang penanaman nilai-nilai agama yang akan bermanfaat pula setelah dewasa nanti.'' tambah Sunarto.

Sementara Kepala TK Mardi Putra sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara Yuni Retnowati, S. Pd. mengatakan bahwa latihan manasik haji oleh anak TK ini merupakan salah satu agenda dalam rangka Milat TK Mardi Putra yang ke-57 yang berdiri sejak 3 Maret 1951 yang sekarang menjadi salah satu TK Unggulan di Bantul. Agenda lain diantaranya Seminar Tentang Pembelajaran Inovatif di Sekolah Unggulan (9/3), Lomba mewarnai untuk anak TK (12/3) dan Jalan santai anak TK beserta orang tuanya (16/3).

Terkait dengan latihan manasik haji ini Yuni menjelaskan bahwa anak-anak TK tersebut seakan menunaikan ibadah haji sungguhan dengan dibimbing para haji dari Deppag dibantu para guru TK. Manasik diawali dengan pelaksanaan umroh dengan memulai niat di Bir Ali [Mushola Al-Huda], selanjutnya menuju Masjidil Haram Makkah [ Alun-Alun Paseban] yang ditengahnya terdapat miniatur Kabah dengan memulai niat haji, dilanjutkan menuju Padang Arofah [ lapangan parkir Pemda ] untuk melakukan wuquf.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke Mudzdalifah [ bekas Kantor Kodim ] untuk mengambil kerikil guna melempar tiga macam jamarot yang terletak di Mina [ komplek SMP Muhammadiyah Bantul ] kemudian menuju ke Makkah kembali untuk melakukan thowaf wada [ perpisahan ]. (Sit)

Komentar (0)

TOP