Musrenbang Untuk Memantapkan SDM di Bantul Dimulai

05 Februari 2013 - 13:53
Sebagai bentuk kesiapan pemerintah untuk menerapkan bottom up dalam pembangunan, Pemkab Bantul adakan musrenbang Tingkat Kecamatan yang dimulai, Senin (5/2) di Kecamatan Sewon Bantul.

Bupati Bantul dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Drs. Mardi mengatakan musrenbang tahun 2013 sangat berarti bagi RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah ) tahun 2014. Dalam musrenbang yang dmulai dari tingkat dusun akan sangat menentukan laju pembangunan, karena disitu partisipasdi masyarakat ikut memberi warna pada penyusunan rencana pembangunan.

Musrenbang yang ideal dan efektif harus dimulai dari bawah ke atas atau dari tingkat dusun, Desa, kecamatan dan akhirnya di tingkat Kabupaten.

Sementara Kepala PMD Lies Ratriana Nugrohowati, SIP. M.Si. dalam laporannya menjelaskan musrenbang yang diadakan di Kecamatan Sewon merupakan kelanjutan dari musrenbang yang diadakan di tingkat dusun bulan September 2012, tingkat desa 2 28 Januari 2013 dan tingkat Kecamatan akan berlangsung 5 19 Februari 2013.

Tujuan dari Musrenbang untuk memantapkan kulaitas Sumber Daya Manusia, mendayagunakan Sumber Daya Alam dan iptek yang berwawasan lingkungan serta mengembangkan daya saing daerah berbasis penanggulangan bencana. Dalam Musrenbang tersebut mencakup 4 bidang yakni bidang Pemerintahan, bidang Kesejahteraan yang meliputi kemiskinan, pendidikan dan iptek, bidang Ekonomi meliputi pertanian, industry, perdagangan, dan Bidang Sarana prasarana yang meliputi infra struktur, penataan ruang dan mitigansi bencana. (mw)

Komentar (0)

TOP