Sekda Bantul secara simbolis mengawali tanam 1.000 Pohon bantuan BPKP DIY

29 Desember 2012 - 11:15
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY menanam 1.000 pohon cemara udang di Pantai Goa Cemara, Jumat (28/12). Penanaman pohon tersebut merupakan bagian dari program Eco Coffee, yakni program yangh melibatkan setiap personil kantor untuk mewujudkan lingkungan kantor yang bersih sekaligus pelestarian lingkungan berkelanjutan.

Sekda Bantul Drs. Riyantono, M.Si. berharap masyarakat penerima bantuan pohon bisa merawat sampai tumbuh subur. Pohon cemara udang yang tumbuh besar mampu menahan tiupan angin laut yang membawa pasir dan kadar garam, sehingga lahan yang terlindungi bisa ditanami pohon yang lebih produktif.

Sementara Kepala BPKP DIY, Condro Imantoro menuturkan, pihaknya sudah berkomitmen untuk mengefisiensi penggunaan sumber daya alam. Program Eco Office dilaksanakan dengan 4R yakni reduce atau pengurangan penggunaan produk yang membutuhkan banyak energi, reuse atau menggunakan kembali segala produk sebelum dibuang, recycle atau mendaur ulang sampah dan limbah yang dihasilkan serta refuse atau menghindari penggunaan produk yang tidak ramah lingkungan.

Lebih lanjut dikatakan Bentuk nyatanya dengan mematikan AC dan lampu saat meninggalkan ruang kerja, memanfaatkan kertas bekas, memanfaatkan jaringan untuk bertukar file, tidak merokok, serta menggunakan email untuk meminimalisir penggunaan kertas surat. Tak hanya itu, program tersebut juga dilakukan dengan pembuatan sumur resapan atau biopori, pengolahan sampah, penghijauan, serta menjaga kebersihan kantor dan lingkungan.

Program penanaman 1.000 pohon, menurut Condro, telah terungkap pada perayaan ulang tahun BPKP DIY pada Bulan Mei lalu. Program ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul, kelompok tani dan masyarakat dengan dana partisipasi pegawai melalui kotak sumbangan sukarela. Kami harap, program penanaman pohon ini bisa mendorong instansi lain untuk turut melestarikan lingkungan. (dib)

Komentar (0)

TOP