Tingkatkan Kewaspadaan Dini, ASN Bantul Lakukan Screening COVID -19

20 Maret 2020 - 11:14

Diskominfobantul>>Guna meningkatkan kewaspadaan dini Corona Virus Disease (COVID) – 19 Dinas Kesehatan Bantul selaku Tim Satuan Tugas kewaspadaan dini Corona Virus Disease (COVID) – 19  melaksanakan screening kepada ASN di Komplek Kantor Bupati Bantul Kompleks Parasamya, berlangsung pada hari Jum’at ( 20/3).

 Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya preventif dengan melakukan pengukuran suhu badan dan melakukan sreening bagi orang yang dalam waktu 14 hari ini melakukan perjalanan dari luar kota guna menggali informasi lebih rinci.

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara gugus tugas  kewaspadaan dini Corona Virus Disease (COVID) – 19 Daerah Kabupaten Bantul dr. Sri Joko Wahyu ( dr. Oky) usai melakukan sreening kepada para ASN Pemda. Bantul Komplek Parasamya.

Menurut dr. Oky, dalam kegiatan tersebut diantaranya melibatkan petugas dari  Dinas Kesehatan, Puskesmas Bantul I dan  Puskesmas Bantul 2. “ Kegiatan screening ini kali pertama dilaksanakan di Komplek Perkantoran Pemda. Bantul. Kami siap untuk memeriksa kepada semua ASN Pemda Bantul di Komplek Parasamya sekitar 300 orang,” terang dr, Oky. Karena ASN Pemda Bantul berada di dua komplek, maka untuk sreening di Komplek Pemda II Manding akan kami koordinasikan terlebih dulu dengan OPD-OPD yang ada di kompleks tersebut. Kami akan mensosialisasikan terlebih dulu kepala para kepala OPD untuk memonitor ASN yang ada secara mandiri.

Sedangkan untuk aparat dan warga masyarakat di tingkat kecamatan dan desa, kata dr. Oky,  dihimbau untuk dapat memonitor secara mandiri pula.   “Screening tidak kami lakukan sampai tingkat desa dan dusun, kami memerlukan peran serta masyarakat untuk bisa melakukan monitor secara mandiri. Jika ada orang terduga terpapar COVID-19  diharap segera melaporkan dan memeriksakan diri di Puskesmas terdekat, “ kata dr. Oky.

Doter Oky menghimbau kepada semua ASN dan warga masyarakat untuk selalu  melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) mulai dari keluarga masing-masing,  makan makanan bergizi, kurangi atau hindari kerumunan banyak orang,  keluar rumah memakai masker, bila terasa ada gejala batuk atau gangguan kesehaatan segera periksa ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. Ada pula hal lain baik dilakukan pula sebaagai upaya mencegah penularan Corona Virus  seperti , gantilah baju dan masukan mesin cuci setelah bepergian dan beraktivitas di luar, cuci tangan sebelum makan dan setelah beraktivitas di luar.

Sementara menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis, Msi mengatakan bahwa, kegiatan ini menjadi bagian dari kepedulian Pemkab untuk menjaga kesehatan ASN dan memberikan informasi kepada ASN agar melakukan aktivitas yang dapat menjaga diri.

Komentar (0)

TOP