Untuk Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia Bupati Akan Bagikan Sebanyak 961.600 Bibit Pohon Kepada Anak SD dan Warga Masyarakat

28 November 2012 - 14:06
Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2012 ini Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) akan bagikan sebanyak 961.600 bibit pohon kepada masyarakat dan anak sekolah se Kabupaten Bantul.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dispertahut Kabupaten Bantul Ir. Edy Suharyanto. MM. selaku Ketua Penyelenggara Penyerahan Secara Simbolis Bibit Jati dan Buah-Buahan Untuk Anak SD dan Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia Tahun 2012 di Kabupaten Bantul yang berlangsung di SD Gunting Gilangharjo Pandak saat menyampaikan laporannya kepada hadirin, Rabu (28/11).

Dalam laporannya, Edy menyampaikan bahwa sesuai Ketetapan Presiden RI bahwa tanggal 28 Nopember sebagai HMPI dan mulai tanggal 1 Desember sebagai Hari Gerakan Perempuan Menanam dan Memelihara Pohon, maka bertepatan dengan tanggal 28 Nopember ini Pemerintah Kabupaten Bantul melakukan kegiatan penanaman pohon sebagai kegiatan penghijauan di kabupaten Bantul.

Pemerintah Kab. Bantul Lewat Dispertahut telah menyiapkan bibit pohon yang akan ditanam pada kegiatan HMPI dan Bulan Menanam Pohon Nasional tahun 2012 sebanyak 961.600 batang dengan berbagai jenis diantaranya jati, glodogan, tiang, mahoni, ketapang, sengon, mangga, rambutan, durian, akasia, biola cantik, cemara udang dan lain-lain.

Terkait dengan Peringatan HMPI pemerintah Kab. Bantul menganggarkan pengadaan bibit jati dan buah-buahan yang akan diserahkan kepada anak SD se Kabupaten Bantul sejumlah 62.750 batang terdiri dari 50.250 batang bibit jati, 4.000 batang bibit mangga, 4.000 batang bibit sawo dan 4.500 batang bibit durian.

Sementara pada acara yang dihadiri oleh Kepala SD, Para PPL Pertanian, Muspida, Muspika, aparat desa, anak sekolah dan warga masyarakat di Kecamatan Pandak tersebut Bupati Bantul dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahlinya Drs. Bambang Guritno diantaranya mengatakan bahwa masyarakat Bantul harus memiliki budaya menanam dan memelihara pohon dengan berslogan "Kecil Menanam, dewasa Memanen". Sehingga diharapkan lingkungan di wilayah Kab. Bantul semakin hari semakin baik dan masa yang akan datang bisa terwujud lingkungan yang lestari dan dapat berfungsi secara optimal dan berkelanjutan.

Pada kesempatan tersebut Bupati secara simbolis menyerahkan bibit jati dan buah-buahan kepada dua anak SD mewakili SD se Kabupaten Bantul dan kepada Camat Pandak Dra. Endang Rahmawati, MM. mewakili warga masyarakat Kabupaten Bantul dilanjutkan dengan menanam bibit pepohonan di pekarangan SD Gunting yang dilakukan oleh anggota Muspida, Muspik, Ketua TP PKK Bantul dan anak SD beserta para wali muridnya. (Sit.)

Komentar (0)

TOP