Data Kecamatan

Kecamatan Dlingo

WILAYAH ADMINISTRASI

Kecamatan Dlingo berada di sebelah Timur dari Ibukota Kabupaten Bantul. Kecamatan Dlingo mempunyai luas wilayah 3.797,803 Ha

Alamat kantor kecamatan : Jl. Raya Dlingo Telp. (0274) 522972

Situs web: http://kec-dlingo.bantulkab.go.id

Desa di wilayah administratif Kecamatan Bantul :

  1. Desa Terong
  2. Desa Dlingo
  3. Desa Temuwuh
  4. Desa Muntuk
  5. Desa Mangunan
  6. Desa Jatimulyo

GEOGRAFIS
Wilayah Kecamatan Bantul berbatasan dengan :

  • Utara : Kecamatan Patuk,
  • Timur : Kecamatan Playen,
  • Selatan : Kecamatan Playen,
  • Barat : Kecamatan Imogiri, Pleret.

Kecamatan Dlingo berada di dataran rendah. Ibukota Kecamatannya berada pada ketinggian 320 meter diatas permukaan laut. Jarak Ibukota Kecamatan ke Pusat Pemerintahan (Ibukota) Kabupaten Bantul adalah 23 Km. Kecamatan Dlingo beriklim seperti layaknya daerah dataran rendah di daerah tropis dengan dengan cuaca panas sebagai ciri khasnya. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Dlingo adalah 32ºC dengan suhu terendah 24ºC. Bentangan wilayah di Kecamatan Dlingo 0% berupa daerah yang datar sampai berombak, 100% berombak sampai bernukit dan 0% berbukit sampai bergunung.

PENDUDUK
Kecamatan Dlingo dihuni oleh 8.894 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Dlingo adalah 36.514 0rang dengan jumlah penduduk laki-laki 17.718 orang dan penduduk perempuan 18.796 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Dlingo adalah 650 . jiwa/Km2. Sebagian besar penduduk Kecamatan Dlingo adalah petani. Dari data monografi Kecamatan tercatat 7.625 orang atau 20,88% penduduk Kecamatan Dlingo bekerja di sektor pertanian..

SENTRA INDUSTRI

  • Karangasem Muntuk, Sentra kerajinan bambu.
  • Klepu Temuwuh, Sentra kerajinan meubel.
  • Tanjan Temuwuh, Sentra industri daun pintu.

WISATA BUDAYA

UPACARA RASULAN/GUMBREGAN

Upacara rasulan masih rutin dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Dodogan, Jatimulyo, Kecamatan Dlingo. Kegiatan ini merupakan nilai - nilai tradsi yang sangat diperhatikan oleh masyarakat setempat karena makna yang terkandung didalamnya sangat memberikan arti yang begitu mendalam bagi kehidupan masyarakat dusun Dodogan.

WISATA ALAM

GUA GAJAH

Gua gajah terletak di Dusun Sukorame, Desa Temuwuh, Kecamatan Dlingo. Guo Gajah merupakan gua karst yang terletak pada kawasan karst gunungs sewu. Gua ini merupakan gua horisontal dengan panjang kurang lebih 50 meter. Nama Guo Gajah berasal dari ciri khas gumpalan batu yang berbentuk menyerupai gajah.