Dedi Prasetyawan "Mister Sambal" Wakili DIY Jadi Juara Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Pemuda Pelopor dari Bantul terpilih untuk maju ke tingkat nasional mewakili DIY dalam Pemilihan Pemuda Pelopor Indonesia 2012. Dedi Prasetyawan, wakili DIY dalam ajang pemilihan Pemuda Pelopor Indonesia. Pada seleksi yang diadakan tanggal 16-18 Oktober 2012 di Bogor, Dedi terpilih menjadi Juara II Pemuda Pelopor tingkat Nasional bidang kewirausahaan. Berkat inovasi dan dedikasi pemuda tersebut, mampu mempersembahkan prestasi membanggakan bagi kabupaten Bantul. Dedi mampu menyisihkan kabupaten lain di DIY dalam seleksi ketat yang digelar awal Oktober kemarin. Pemilik warung makan Mister Sambal tersebut mengangkat usaha yang dirintis sejak 3 tahun yang lalu, Dedi bisa masuk menjadi salah satu Pemuda Pelopor Indonesia 2012. Selanjutnya pemberian penghargaan akan dilaksanakan di Plaza Senayan Jakarta pada tanggal 2 November 2012.

"Saya bangga karena terpilih jadi pemuda yang pelopori suatu inovasi baru yang bermanfaat. Dengan begitu, bisa membawa nama baik Bantul, juga DIY. Awalnya saya buka usaha ini bukan hanya untuk mengejar profit, tapi saya ingin merealisasikan suatu ide yang bisa bermanfaat bagi orang lain,"kata Dedi ketika ditemui di warung makannya Jumat (19/10). Usaha warung makan yang dia jalankan sejak tahun 2009 itu sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Warung Mister Sambal sudah buka 3 cabang di Bantul, dan sudah mempunyai belasan karyawan.

Ajang pemilihan Pemuda Pelopor Indonesia diselenggarakan setiap tahun di bulan Oktober yang juga memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pemilihan Pemuda Pelopor bertujuan untuk mewujudkan pemuda yang gigih inisiatif, loyal, agresif, cerdas, mandiri dan berakhlak mulia, dan mewujudkan apresiasi pemerintah terhadap Pemuda Indonesia atas prestasi dan kontribusi kepeloporan yang luar biasa. Sasaran dan target dari kegiatan pemilihan pemuda pelopor terbaik dari setiap bidang yaitu Bidang Kewirausahaan, Bidang Pendidikan, Bidang Teknologi Tepat Guna, Bidang Seni, Budaya dan Pariwisata serta Bidang Kebaharian/Kelautan, yang mana satu orang terbaik dari setiap bidangnya akan mengikuti pemuda pelopor tingkat Nasional bila memenuhi standar kepeloporan yang telah ditetapkan.

Melalui Kantor Pemuda dan Olahraga (PORA) kab Bantul, diadakan seleksi pemuda pelopor tingkat kabupaten pada bulan Juli, kemudian dilanjut seleksi tingkat Propinsi bulan September. "Setiap tahun Bantul selalu ada yang terpilih maju pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional. Membanggakan Bantul atas prestasi dari para pemuda ini. Kami mewakili pemerintah Bantul bangga atas prestasi yang diraih Dedi. Dia adalah contoh pemuda yang harus ditiru pemuda lain. Jiwa enterpreinernya sangat bagus ditiru yang lain,"tanggapan Drs Supriyanto Widodo,MT Kepala Kantor PORA Bantul.

"Saya berterima kasih pula kepada pemerintah daerah Bantul atas dukungannya. Saya pun berharap seluruh masyarakat mendukung inovasi saya untuk mengembangkan usaha-usaha seperti yang sudah saya jalani. Melalui usaha saya ini, saya ingin membantu para pemuda yang belum bekerja dengan membuka lapangan kerja,"kata Dedi lagi. Tidak hanya sampai disitu, Dedi pun mendukung para karyawannya untuk bisa berdiri sendiri membuat usaha seperti dirinya. Jiwa pemuda seperti inilah yang pantas menjadi contoh. (dew)

Berbagi:

Pos Terbaru :