UNICEF Percaya UKS Sekolah SD Tamanan Dan SMP I Bantul Bisa Dicontoh Daerah Lain

SD Tamanan,Tamanan, Banguntapan dan SMP I Bantul yang meraih juara I tingkat DIY sebagai 'Sekolah Sehat' mendapat kunjungan dari Propinsi NTT pada hari Selasa (22/01). Sekolah Sehat merupakan kondisi sekolah yang ideal dan akan memperlancar jalannya proses belajar mengajar (PBM). Salah satu indikasi Sekolah Sehat adalah mempunyai UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang sehat pula. "SD Tamanan dan SMP I Bantul pun mempunyai UKS sekolah yang sehat, baik dan profesional. Kami yakin UKS di kedua sekolah ini bisa jadi contoh di daerah lain. TP UKS Provinsi NTT berkunjung untuk melihat pelaksanaan UKS di kedua sekolah ini,dan selanjutnya ilmu yang didapat akan kami terapkan di daerah kami,"kata Yulida Pangastuti EAD SPECIALIST UNICEF Prov NTT.

UKS yang sehat adalah usaha yang sudah bisa membentuk kebiasaaan/budaya perilaku hidup sehat pada anak didik di lingkungan sekolah secara menyeluruh (komprehensif) dan terpadu (integratif). "Lingkungan sekolah yang tidak bersih dan banyaknya gangguan kesehatan sangat perlu diperhatikan karena tidak akan menunjang pendidikan. Karena itu program UKS sangat penting diselenggarakan. UKS bisa dilakukan secara berkesinambungan melalui Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat,"papar Sunarto,SH,MM Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kab Bantul. UKS yang ada di kedua sekolah tadi memang sudah menjalankan secara baik. Sekolah menerapkan budaya menjaga kebersihan, penghijauan serta pengolahan sampah. Selain itu juga terdapat ruang UKS yang bersih yang sudah ditata layaknya rumah sakit, serta secara rutin ada Dokter Jaga.

"Suasana sekolah yang nyaman akan mendukung kelancaran PBM sehingga mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Kami didukung pemerintah daerah berkomitmen akan mensukseskan program UKS sehat ini. Hal ini adalah upaya adalam mewujudkan generasi muda Bantul yang sehat, berkualitas dan berprestasi,"kata Anis Rinawati,MPd Kepsek SD Tamanan.

Pendidikan dan kesehatan memang harus sejalan dan seimbang. Kesehatan merupakan prasyarat utama agar upaya pendidikan berhasil, sebaliknya pendidikan yang diperoleh akan sangat mendukung tercapainya peningkatan status kesehatan seseorang. (dew)

Berbagi:

Pos Terbaru :