BKL Wredha Wangsa Dusun Diro Pendowoharjo Maju Lomba Tingkat DIY Tahun 2013

BKL (Bina Keluarga Lansia) Wredha Wangsa dusun Diro, Pendowoharjo, Sewon terpilih untuk maju dalam pelaksanaan lomba kelompok BKL tingkat DIY tahun 2013. Selain kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta, kabupaten Bantul terpilih untuk maju lomba kelompok BKL yang dinilai Tim dari BKKBN DIY pada hari Selasa (09/04). "Setelah kami melihat dan mempelajari pelaksanaan kegiatan di BKL Wredha Wangsa ini, kami tidak ragukan lagi bahwa kelompok ini memang pantas untuk diajukan menjadi calon BKL terbaik. Peran aktif dan kekompakan para lansia disini sangat mendukung kelancaran kegiatan yang ada. BKL Wredha Wangsa ini mampu jadi contoh kelompok lansia yang lain,"kata Ketua Tim Penilai dari BKKBN DIY Dra.Tutik Sustiwi

Bantul dengan jumlah lansia sekitar 250 an memang perlu ada wadah yang bisa mengampu. BKL yang merupakan kegiatan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta keluarga dalam mewujudkan kesejahteraan lansia agar lebih bertaqwa, sehat mandiri dan produktif, semakin dibutuhkan. Hal ini dapat dipahami karena secara fisik maupun mental lansia memerlukan bantuan keluarganya. Bukan saja karena ketahanan tubuhnya telah jauh menurun dan bisa juga mudah terserang penyakit, secara mental lansia biasanya mudah mengalami stress karena mereka sering tidak siap menjadi tua dan faktor-faktor penyebab lainnya dari lansia tersebut. "Dengan meningkatnya proporsi lansia (usia 60 tahun keatas) maka diperlukan kesiapan keluarga, khusunya keluarga lansia sendiri atau keluarga yang memiliki lansia untuk membinanya melaui kelompok BKL. Dengan terpilih maju lomba semoga bisa lebih meningkatkan semangat para lansia untuk mensukseskan program BKL,"jelas Sunarto,SH,MM Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan.

Selain menilai dalam pelaksanaan BKL, Tim Penilai dari BKKBN juga mengunjungi keluarga H.Turmudi/Hj.Salimah di Singosaren, Wukirsari, Imogiri yang terpilih maju lomba Keluarga Harmonis Sejahtera (BKS) tingkat DIY tahun 2013. (dew)

Berbagi:

Pos Terbaru :