Keluarga H. Turmudi Terpilih Maju Lomba Keluarga Harmonis Tingkat DIY

Dalam penilaian Binaan Keluarga Harmonis (BKH) tingkat DIY pada hari Selasa (9/04), Keluarga H. Turmudi terpilih mewakili kabupaten Bantul sebagai keluarga harmonis. Tim Penilai dari BKKBN DIY yang diketuai oleh Dra.Titik Sustiwi datang langsung ke tempat tinggal H.Turmudi di dusun Singosaren, Wukirsari, Imogiri. "Ketika keharmonisan sudah tercapai, secara tidak langsung telah merintis generasi penerus keluarga ke arah lebih baik. Keharmonisan merupakan dasar dalam membangun keluarga berkualitas,"kata H. Turmudi.

Pembinaan keluarga harmonis tidak hanya sekedar internal pribadinya atau sebatas keluarga saja, namun harus membawa perubahan dalam kehidupan bermasyarakat secara umum di lingkungan tempat tinggal. Aspek yang menjadi dasar dalam keluarga harmonis yaitu mengenai ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan juga agama. Ketua Tim Juri Dra. Titik Sustiwi menjelaskan, "Kriteria penilaian lomba mengacu pada keberhasilan mengikuti program KB dan aspek 8 fungsi keluarga meliputi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, pendidikan, kemapanan ekonomi, reproduksi serta pelestarian lingkungan."

Harapan diadakannya lomba Keluarga Harmonis adalah mampu menumbuhkan lebih banyak keluarga harmonis dan sejahtera di DIY. Karena pada dasarnya hal itu menjadi salah satu tolok ukur kesuksesan pelaksanaan program Keluarga Berencana di DIY. Selanjutnya komitmen untuk menjaga keluarga harmonis tidak hanya dilakukan saat ada penilaian saja. Namun harus dijaga sepanjang hidup karena keluarga harmonis punya peran sangat vital dalam upaya membangun keberhasilan dalam berumah tangga. (dew)

Berbagi:

Pos Terbaru :