Untuk Membentuk Komunikasi Yang Baik Dibutuhkan Keterampilan Public Speaking

Kemampuan dan keterampilan berbicara di depan umum (public speaking) harus dimiliki semua orang. Tujuannya adalah agar pesan/informasi bisa tersampaikan kepada komunikan (penerima informasi) dengan sempurna. Untuk itu penting diadakannya peningkatan kemampuan berbicara di depan umum. Demikian kata Ketua DWP Kabupaten Bantul Dra.Hj.Titi Prawiti,MPd saat membuka acara Pelatihan Public Speaking bagi anggota DWP se Bantul, Jumat (17/05).

Pelatihan yang diadakan untuk memberi pengetahuan serta melatih para anggota DWP (Dharma Wanita Persatuan) agar lebih mampu berbicara di depan umum. Acara dihadiri Ketua DWP Bantul, Pengurus DWP Bantul serta para anggota DWP se kabupaten Bantul.

Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) merupakan salah satu penunjang keberhasilan seseorang, terutama mereka yang menggeluti pekerjaan yang senantiasa bersinggungan dengan orang lain. "Dengan kemampuan public speaking yang baik, maka seorang profesional bisa menyampaikan gagasannya. Kemampuan itu dibutuhkan, terutama oleh kalangan profesional yang harus berhubungan dengan banyak orang. Public speaking akan berhasil jika ada persiapan baik, memantapkan kepercayaan diri, pelaksanaan yang meyakinkan serta selesai dengan baik,"kata nara sumber Rosa Kusuma Ashar penyiar Bantul Radio.

Anggota DWP yang rutin mengadakan pertemuan serta sosialisasi kepada masyarakat memang perlu lebih meningkatkan keterampilan bicara di depan umum. "Dasar dari Public Speaking adalah komunikasi. Agar mampu berbicara di depan khalayak umum atau berbicara dengan orang lain kita harus membiasakan diri berkomunikasi dengan baik. Kita harus tahu aturan-aturan dalam menyampaikan suatu informasi kepada umum agar tercipta keselarasan,"kata Kabag Protokol Bantul Nugroho Eko Setyanto,Ssos,MM. (dew)

Berbagi:

Pos Terbaru :