Dandim 0729 Bantul, Irup Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Kab. Bantul

Pemerintah Kabupaten Bantul menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Lapangan Paseban Bantul, Senin (20/5), dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 0729 Bantul.

Hadir dalam upacara tersebut, Karyawan/ti Dinas/Instansi Pemkab Bantul, Mahasiswa STIKIP Catur Sakti, Akper, UPY, UMY, UN Mercubuana, TNI/Polri, siswa SMA/SMK/ SMP/ SD, Linmas, Karang Taruna dan Tagana serta undangan lainnya.

Tema upacara peringatan 105 tahun Harkitnas 2013 yakni Dengan Semangat Hari Kebangkitan Nasional, Kita Wujudkan Demokrasi Berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Menuju Indonesia Yang Maju Dan Modern Dalam Bingkai NKRI

Menapaki perjalanan sejarah Kebangkitan Nasional Indonesia, mengapa kita perlu memperingati ? Sejarah perlu kita pahami sebagai etos perjuangan bagi generasi berkutnya. Hal ini bisa menjadikan Indonesia sebagai negara maju, modern, adil dan sejahtera.

Dalam hal ini, kita mesti melihat bagaimana para pejuang menorehkan tinta emas sejarah pada kebangkitan Nasional 20 Mei 1908, berlanjut dengan penggalangan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 yang akhirnya berbuah manis pada hari Proklamasi 17 Agustus 1945.

Demikian sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Tifatul Sembiring, yang dibacakan Dandim Bantul Letkol Kav. D. Setiawan, S.Sos. dalam upacara tersebut.

Lebih lanjut dikatakan perjuangan adalah abadi, untuk menuju Indonesia maju dan modern. Bahkan tantangan yang dihadapi pada abad ke-21 bukan lagi dalam bentuk penjajahan, tetapi berupa Globalisasi.

Momentum Peringatan Harkitnas yang ke 105 tahun 2013 ini menjadi penting, karena akan mampu melecut nilai-nilai kebersamaan sebagai bangsa dalam menggelerokan rasa bangga dan cinta tanah air. Generasi muda harus menjadi pejuang dan petarung yang tangguh bagi kejayaan bangsa. (mw)

Berbagi:

Pos Terbaru :