Pemkab Bantul Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Strategis Jelang Hari Raya Idul Fitri 1434 H

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriyah yang jatuh tanggal 8-9 Agustus 2013, Pemerintah daerah Bantul menjamin ketersedian Bahan Pokok Strategis (BBM,LPG,Sembako) sudah aman hingga pasca lebaran. Tim Pemantau kabupaten Bantul telah berkoordinasi tentang kesiapan pengamanan bahan pokok strategis. "Saat momen lebaran, permintan masyarakat terhadap bahan pokok biasanya meningkat jauh lebih tinggi. Demi kelancaran semuanya harus dikendalikan dan dikelola dengan baik,"kata Kepala Disperindagkop Drs. Sulistiyanto, MPd saat memimpin rapat koordinasi tentang pemantauan pengamanan bahan pokok strategis, Selasa (30/07).

Berdasarkan hasil laporan dari masing-masing instansi, bisa dipastikan ketersediaan sudah aman. Untuk persediaan sembako sudah sangat cukup bahkan surplus. Beras yang ada di gudang Bulog tersedia 3.000 ton, ditambah dengan beras yang ada pada petani tersedia 129.817 ton. Untuk bahan lainnya juga surplus dari permintaan. "Bawang merah tersedia 9.642 ton dan cabe rawit 13.703 ton, itu sudah melebihi dari permintaan. Yang harus dikendalikan adalah harganya, jangan sampai melonjak tidak wajar,"imbuh Sulistiyanto.

Keterdiaan bahan pokok dan bahan pangan sudah bisa dipatikan aman. Dari unsur lain pun sudah siap menghadapi keramaian arus lebaran. Seperti persediaan BBM, untuk premium dinaikkan 40% dan solar dinaikkan 10%. SPBU juga siap buka 24 jam mulai H-7.

Sedangkan untuk antisipasi terjadinya hal yang tidak diharapkan, Polres didukung oleh Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan akan selalu memantau arus lalu lintas sebelum hingga sesudah lebaran, juga akan membuka pos keamanan di beberapa titik kemacetan. Dinas kesehatan juga telah siap siaga untuk melayani masyarakat dengan buka 24 jam di seluruh rumah sakit dan puskesmas, serta membuka pos P3K. (dew)

Berbagi:

Pos Terbaru :