91 Sekolah di Bantul Siap Laksanakan Pemilos Tanggal 25 September 2013

91 Sekolah di Bantul siap laksanakan agenda tahunan Pemilihan Ketua OSIS (PEMILOS) dirancang sebagai sarana pendidikan demokrasi bagi calon pemilih pemula sekaligus upaya melawan anasir jahat Pemilu khususnya berupa politik uang. Pemilos yang akan digelar serentak oleh SMA/SMK/MA baik negeri /swasta se Kabupaten Bantul akan dilaksanakan tanggal 25 September 2013. Kegiatan Pemilihan OSIS yang disingkat Pemilos ini telah disiapkan oleh Tim Pemilos Kabupaten Bantul yang terdiri dari unsur Kantor Kesbangpol, Komisi Pemilihan Umum, Kantor Dikmenof dan Kantor Kemenag Kabupaten Bantul.

Sesuai dengan data yang ada di Dikmenof maupun Kemenang bahwa sekolah SMA/SMK/MA di Kabupaten Bantul ada sekitar 91 sekolah artinya jika semua mengikuti program tersebut tentunya Kegiatan Pemilos serentak di 91 sekolah. Dalam tahapan kegiatan Pemilos telah dilaksanakan tahap persiapan berupa Sosialisasi Pemilih Pemula melalui Pemilihan Osis (Pemilos) yang telah dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2013 di Gedung Induk Lt.III Parasamya, Bantul dengan sasaran guru dan siswa di Sekolah SMA/SMK/MA se Kabupaten Bantul.

Selanjutnya pada tanggal 5 September 2013 dilaksanakan TOT Pemilos bertempat di Aula Bank Bantul dengan sasaran guru dan siswa SMA/SMK/MA se Kabupaten Bantul yang dihadiri pula oleh Kepala Dikmenof Kabupaten Bantul Drs. H. Masharun, kemudian sebagai tahapan kelanjutan menuju Pemilos pada tanggal 7 September 2013 dilaksanakan Bimtek bagi siswa sekolah khususnya yang akan menjadi Penyelenggara Pemilos baik sebagai PPO (Panitia Pemilihan Osis) maupun sebagai KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dengan materi anti politik uang dan simulasi di TPS. Sebagai panduan dan petunjuk teknis dalam pelaksanaan Pemilos telah diberikan Buku Pintar Pemilos kepada sekolah masing-masing sebanyak 5 eksemplar.

Untuk persiapan logistik khususnya surat suara, sekolah yang telah mengumpulkan foto untuk di desain sebagai surat suara ada 26 sekolah dari 50 sekolah yang hadir pada acara TOT Pemilos di Aula Bank Bantul pada tanggal 5 September 103. Sementara untuk setting logistik keseluruhan akan dimulai tanggal 15 september 2013 sedang rencana logistik berupa bilik , kotak dan kelengkapannya dapat diambil mulai tanggal 18 September 2013 di KPU Kabupaten Bantul.

Untuk pemungutan suara Pemilos akan dilaksanakan secara serentak dengan sasaran 35.000 siswa pada hari Rabu, 25 September 2013 di sekolah masing-masing diawali dengan apel Pemilos, yang secara simbolis akan dibuka oleh Bupati Bantul selaku menjadi Pembina Apel di salah satu sekolah. (BN)

Berbagi:

Pos Terbaru :