Bupati Bantul : Pemilos Menuju Sukses Pemilu 2014

Apel pembukaan Pemilos (Pemilihan Ketua OSIS) dengan metoda Pemilu bertempat di SMK N 1 Bantul dibuka Bupati Bantul Sri Surya Widati dihadiri oleh Anggota KPU RI Sigit Pamungkas, S.IP., MA, tamu dari rombongn KPU Kota Semarang, KPU DIY, KPU Kabupaten/Kota Se DIY, dan dinas/instansi terkait di Kabupaten Bantul pada hari Rabu (25/9). Sebanyak 62 SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta di Kabupaten Bantul serentak melaksanakan PEMILOS (Pemilihan Ketua OSIS) tahun 2013, merupakan pelaksanan Pemilos tahun ketiga di Kabupaten Bantul.

Apel diawali laporan Kepala Sekolah SMK N 1 Bantul, Ir. Retno Yuniar Dwi Aryani yang menyampaikan Pemilos ini bertujuan menumbuhkembangkan budaya demokrasi kepada siswa sebagai pemilih pemula, kedua sebagai pembelajaran untuk siswa dan sebagai pendidikan aplikatif secara langsung di sekolah.

Sementara itu Bupati Bantul, Ibu Hj. Surya Widati dalam sambutannyaantara lain memberikan apresiasi pelaksanaan Pemilos yang dikemas seperti Pemilu sesungguhnya, ada tahapan pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, pemungutan suara dan penghitungan suara. "Diharapkan program Pemilos ini dapat menyukseskan Pemilu 2014 mendatang," tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut, angota komisioner KPU RI Sigit Pamungkas, S.IP,MA yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemilos sebagai pembelajaran bagi siswa yang merupakan pemilih pemula diharapkan dapat menjadi pemilih yang cerdas dan berkualitas sehingga dalam memilih Pimpinan (Ketua OSIS) tidak hanya dilihat dari penampilannya saja tetapi dari program yang diusung oleh calon pemimpin (Ketua OSIS).

Dengan demikian calon pemimpin (Ketua OSIS) terpilih memiliki kriteria pemimpin yang baik, karena itu KPU RI memberikan apresiasi program Pemilos di Kabupaten Bantul yang dilaksanakan secara serentak dan diharapkan kegiatan ini dapat ditiru atau diikuti di daerah-daerah lain.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan deklarasi damai oleh Calon Ketua OSIS. Setelah apel selesai, Bupati Bantul beserta para tamu langsung menuju lokasi tempat pemungutan suara (TPS) untuk melihat pelaksanan proses pemungutan suara.

Selanjutnya tim Pemilos yang terdiri dari Kesbangpol, KPU, Dikmenof, dan Kemenag Kabupaten Bantul melaksanakan monitoring di sekolah-sekolah yang secara umum telah berjalan dengan baik sesuai tahapannya. (BN)

Berbagi:

Pos Terbaru :