Program OVOP Diterapkan Pemerintah Bantul Untuk Entaskan Kemiskinan

Program One Village One Product (OVOP) atau satu wilayah menghasilkan satu macam produk kerajinan andalan adalah bertujuan untuk entaskan warga miskin di setiap wilayah kecamatan se Kabupaten Bantul .

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Riyantono. M Si saat memberikan sambutan pada acara Serah Terima Jabatan Camat Sanden dari pejabat lama Djoko Sigit Pramono, SE. MM kepada Andy Sulistyo, SH. M Hum. sebagai pejabat baru Camat Sanden berlangsung di Pendopo Parasamya, Senin (30/9).

Pada kesempatan tersebut Sekda mengucapkan selamat kepada pejabat Camat Sanden yang baru maupun kepada pejabat Kabag, Hukum Sekretariat Pemkab. Bantul yang baru pula. "Sebagai PNS tentunya kita tidak lupa akan sumpahnya yaitu mau ditempatkan dimanapun wilayahnya." Kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda menjelaskan "Saat ini Pemerintah Kabupaten Bantul menerapkan sistim OVOP di semua kecamatan. Untuk itu semua camat dituntut untuk dapat mendorong berkembangnya potensi wilayahnya agar masyarakat dapat mengoptimalkan hasil kerajinannya sebagai ciri khas produk dari wilayahnya. Dari hasil kerajinan yang ada tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraannya serta dapat mengentaskan kemiskinan yang ada." terang Riyantono.

Ada tiga persyaratan utama, tambah Toni, untuk menerima program OVOP, diantaranya wilayah tersebut merupakan basis kemiskinan, masuk kelas desa tertinggal dan warga yang miskin dapat dibimbing untuk diperdayakan. "Prinsip pemberdayaan sangat penting, karena pemerintah menghendaki pengentasan kemiskinan dapat diberantas hingga ke akar-akarnya, sehingga anak keturunannya tidak akan meneruskan budaya kemiskinan lagi." terang Toni.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula serah terima jabatan Ketua TP PKK, dari Ketua TP PKK Kecamatan Sanden yang lama Ny Djoko Sigit Pramono kepada Ny. Andy Sulistyo sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Sanden yang baru.

Hadir pula pada acara tersebut Asisten Pemerintahan Kabupaten Bantul Drs. Misbakhul Munir, Staf Ahli Bupati Bantul, Kabag Tata Pemerintahan, camat se Kabupaten Bantul dan perwakilan dari instansi terkait. (Sit)

Berbagi:

Pos Terbaru :