Megawati Sukarno Putri, tanam kedelai di Bantul Yogyakarta

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarno Putri, bersama Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, serta sejumlah walikota dan bupati di Indonesia, termasuk Bupati Bantul Hj. Sri Suryo Widati, Minggu (29/9), secara bersama melakukan tanam perdana kedelai lahan petani Tirtohargo Kretek Bantul.

Megawati dalam sambutan sebelum penanaman mengatakan prihatin, melihat kondisi Negara yang sudah merdeka 68 tahun, masih mengimpor bahan makanan pokok. Beberapa bahan pangan yang diimpor diantaranya beras, kedelai, tepung terigu, gula pasir, sapi dan lain-lain.

Mestinya pemerintah mampu swasembada pangan mengingat sumber daya alam Indonesia sangat melimpah dengan tanah yang subur, curah hujan cukup dan laut yang luas.

Sementara Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati menekankan bahwa petani di wilayah Parangtritis, Samas dan Pandansimo yang bertekad menanam kedelai untuk mengatasi kelangkaan bahan pembuat tempe harus didukung.

Ketua Kelompok Tani Pandansimo, Samas dan Parangtritis (Panmestis) Soroto menjelaskan lokasi penanaman merupakan bekas tananam bawang dan baru bulan Januari 2014 akan ditanami padi. Daripada dibiarkan kosong dimanfaatkan untuk tanam kedelai apalagi curah hujan belum ada jelasnya (mw)

Berbagi:

Pos Terbaru :