Tim Auditor, Hengky Dwi Jatmiko dan Bobby Sabarani mengatakan ada beberapa hal yang perlu di perbaiki sesuai dengan hasil observasi yang ditemukan tetapi hal tersebut tidak menjadikan sarana pelayanan yang bisa merugikan masyarakat. Sebagai contoh dalam laporan RTM tida ada tindak lanjut dari hasil temuan sebelumnya, padahal selama dau semester selalu muncul. Ada sasaran mutu yang belum dievaluasi. Pelaksanaan bintek/diklat baik internal maupun eksternal diharapkan ada monitoring kelanjutannya.
Setelah dinyatakan lulus audit, secara simbolis surat kelulusan diserahkan oleh Hengky Dwi Jatmiko kepada kepala Dinas Perizinan Bantul, Dra. Sri Ediastuti MSc. Selasa (23/2). Dengan disaksikan Asisten Administrasi Umum , Sunarto, SH.MM, staf Ahli Bupati Bantul Bidang Pemerintahan Drs. Heni Purwanto, MM dan sejumlah pimpinan SKPD Bantul. Surat kelulusan audit yang sama, senin (22./2) juga diserahkan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Bantul, Ir. Fenti Yusdayati, MT.
Kepala Dinas Perizinan Bantul, Dra. Sri Ediastuti MSc, dalam sambutannya selesai menerima sertifikat mengatakan senang dengan keberhasilan tersebut. Dari sisi pekerjaan otomatis akan memacu untuk lebih meningkatkan pelayanannya. Selama ini semua karyawan sudah berusaha menindak lanjuti temuan maupun keluhan masyarakat sebaik-baiknya.
“Temuan dan keluhan selalu diusahakan untuk dibenahi, namun kalau menyangkut fasilitas yang menjadi tanggung jawab dinas lain ya hanya bisa meminta†jelasnya.
Sementara, Sunarto SH.MM. mewakili Bupati Bantul Drs. H. Suharsono mengetengahkan, Dinas perizinan merupakan instansi lembaga penyelenggara pelayanan terpadu satu pintu (PT-SP)di Kabupaten Bantul tampaknya menyadari hal tersebut. Sebagai instansi pelayanan dituntut untuk mengutamakan kepuasan pelanggan dengan selalu meningkatkan pelayanananya. Sehinga diharapkan mampu mewujudkan pelayanan yang prima atau ‘service excellence’.
Lebih lanjut Sunarto menambahkan, manfaat pelayanan prima tidak hanya dirasakan oleh masyarakat sebagai pelanggan, tetapi juga dirasakan oleh petugas atau aparat pelayanan bisa menjadi lebih percaya diri, merasakan kebanggaan pribadi dan menambah semangat kerja. (m)