Sambutan Ketua DWP Pusat pada HUT DWP ke-8 : Akibat Dari Kemiskinan Banyak Ditanggung Perempuan

Perubahan iklim akibat dari pemanasan global menyebabkan kondisi perekonomian Indonesia ikut terpengaruh. Turunnya ketahanan pangan menyebabkan perekonomian rumah tangga yang sangat menggantungkan hidup dari sektor pangan ikut terpuruk. Kemiskinan tidak lagi terhindarkan, yang pada kenyataan sebagian besar pelakunya adalah perempuan.

'Perubahan iklim akibat dari pemanasan global yang mengakibatkan kemiskinan banyak ditanggung perempuan." ujar Hj. Farida Gendut Sudarto Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kab. Bantul sewaktu membacakan sambutan dari Ketua DWP Pusat Ny. Nila F. Moeloek pada HUT DWP ke-8 di Pendopo Parsamya, Sabtu (8/12)

Dalama acara yang dihadiri oleh muspida, Ketua TP. PKK Kab. Bantul dan anggota DWP Kabupaten serta kecamatan tersebut Hj. Farida juga mengatakan bahwa penyebab utama dari perubahan iklim adalah akibat aktivitas manusia pula, karena lajunya pertambahan penduduk yang pesat dan pertumbuhan industri tehnologi menambah kontribusi gas rumah kaca.

Hal tersebut merupakan salah satu penyebab pemanasan global yang mengakibatkan bocornya lapisan ozon pada atmosfir bumi yang menjadi pelindung kehidupan di bumi ini.

Tema HUT ke 8 DWP tahun 2007 yang berbunyi “Dengan Semangat HUT ke-8 DWP, Kita Tingkatkan Kepedulian Lingkungan Melalui Penanaman Seribu Pohon.”. Ini Mengisyaratkan kepada kita untuk melakukan kegiatan nyata, berupa penghijauan guna mendukung usaha penanggulangan bencana alam. Terkait dengan hal tersebut DWP Kab. Bantul telah melakukan penanaman 20.000 pohon di Desa Kebonagung Imogiri dalam rangkaian kegiatan HUT kali ini.

Berbagai kegiatan sosial, lomba dan bazar dilakukan oleh DWP Kab. Bantul dalam HUT DWP ke-8 Tahun 2007. Bhakti sosial yang dilaksanakan antara lainpenjualan

100 paket sembako di Dusun Kralas, Canden Jetis, pemberian santunan peralatan balita dan uang kepada Bayi Kembar Siam Anita/Yunita di Imogiri dan papsmear kepada anggota DWP PNS Gol I & II. serta penyerahan bea siswa kepada anak PNS Gol I& II.

Berbagai lomba diantaranya lomba peragaan busana, juara I Dyah Heni P, juara II Umi Solikah, juara III Esti Darajati, Harapan I Wardani Ciptaningrum. Lomba Pidato juara I Th. Sularsih Tri Panglipur, juara II Wahyu Sinangsih, juara III Erna Wahdini, dan penyaji materi terbaik Dra. Leny Yuliani. Lomba Menggambar kelompok A juara I,II,III secara berurutan Pratiwi Lestari, Nabila Husna, Oktaviana Khoirunissa. Kelompok B juara I, II dan III secara berurutan adalah Aina Zeni P., Hafid M, Hesti Ratna S. Para juara menerima piala beserta sertifikat dari panitia.

Sebagai tanda HUT ke-8 DWP dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua DWP Kab. Bantul Hj. Farida yang diserahkan kepada Ketua TP. PKK Kab. Bantul Hj, Ida Idham. Acara diahiri dengan peragaan busana sepuluh besar para juaranya.

(sit)

Berbagi:

Pos Terbaru :