Sebanyak 1.087 Jama'ah Calon Haji Pamitan Kepada Bupati Bantul

Diskominfo - Sebanyak 1.087 jama'ah calon haji Kabupaten Bantul pamitan kepada Bupati Bantul Drs. H. Suharsono yang didampingi Wakil Bupati H. Abdul Halim Muslih, dan jajaran Forkompimda Kabupaten Bantul bertempat di Pendopo Parasamya Bantul, Rabu (3/7).

Menurut laporan Kepala Bagian Kesra Setda. Kabupaten Bantul Sukamto, M. Pd. selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan bahwa jama'ah calon haji dari Kabupaten Bantul berjumlah 1.082 ditambah 5 orang petugas daerah, jadi total berjumlah 1.089 jamaah.

Maksud dan tujuan kegiatan pamitan haji ini, kata Sukamto, adalah untuk mempererat tali persaudaraan dalam keberangkatan haji. Tujuannya adalah memberikan wadah bagi jamaah haji untuk saling kenal, saling peduli, bahwa jama'ah calon haji bukan hanya dari kelompok bimbingan tertentu, juga agar mereka saling mendo'akan keselamatan, kesehatan jama'ah haji dan Pemerintah Kabupaten Bantul.

Menurut jumlahnya jama'ah calon haji tahun ini ada kenaikan sebanyak 174 jama'ah, karena di tahun 2018 terdapat sebanyak 908 orang, sedangkan tahun 2019 terdapat 1.089 orang jamaah calon haji. Dari 1.089 jamaah tersebut berasal dari beberapa KBIH diantaranya dari KBIH Rindu Ka'bah sebnayak 61 orang, Muslimat HDWR 240 orang, Aisyiah 430 orang, Arofah 78 orang, Multazam 47 orang, Hajar Aswad 90 orang, Bina Umat 30 orang, Mandiri 52 orang dan mandiri 2 ada 54 orang.

Jama'ah calon haji akan diberangkatkan dalam 6 kloter yaitu kloter 22 SOC, 23 SOC, 24 SOC, 25 SOC dan 97 SOC. Keberangkatan kloter 22 pada 12 Juli, kloter 23, 24, 25 pada tanggal 13 Juli, kloter 25 pada tanggal 4 Agustus dan kloter terahir terdapat 3 orang jama'ah.

Untuk tahun ini terdapat jama'ah calon haji tertua perempuan atas nama Ny. Supiah Muh Anwar ( 96 th) dari Tamantirto Kasihan, Ny. Bidrinem (85 th) dari Sendangsari Pajangan, jama'ah pria atas nama Dalwan Hadi Sudarmo ( 86 tahun ) alamat Ketalo Gadingsari Sanden. Sedangkan jama'ah termuda adalah Milka Dira Mustangin (22 th).

Sementara pamitan jama'ah calon haji diwakili oleh Daeng Daeda, yang menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Bantul yang telah memberi fasilitas jama'ah calon haji dari keberangkatan hingga kepulangan nanti. Daeng juga mohon do'a restu, agar dalam keberangatan, pelaksanaan hingga kepulangan haji diberi kesehatan, keselamatan serta kelancaran dan menjadi haji mabrur.

Dalam sambutan Bupati Bantul disampaikan untuk selalu mentaati aturan dan selalu menjaga persaudaraan, kekompakan agar semua jama'ah dapat melaksanakan syarat dan rukun haji dengan sempurna. Tak lupa Bupati juga berpesan untuk menjaga kesopanan dan nama baik bangsa Indonesia saat di Arab saudi, karena Indonesia dikenal sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dan terkenal keramah tamahannya. "Jagalah selalu kesopanan dan nama baik bangsa Indonesia di antara bangsa-bangsa dunia di Arab saudi, karena negara kita sejak dahulu terkenal sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia yang penuh keramahan," pesan Bupati.

(Siti Zum)

Berbagi:

Pos Terbaru :