Bupati Bantul : Bantul Ekspo Media Efektif Promosikan Produk UMKM

Pameran produk unggulan dan potensi daerah Bantul Ekspo resmi ditutup oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono di kawasan Pasar Seni Gabusan, seremonial pesta kembang api menandai berakhirnya penyelenggaraan Bantul Ekspo 2019. Event tahunan yang berlangsung dari tanggal 26 Juli 5 Agustus 2019 ini mampu menyedot perhatian masyarakat Bantul dan sekitarnya. Kemasan tata kelola pameran yang apik, fasilitas dan aneka doorprize yang disediakan hampir seluruh Organisasi Perangkat Daerah menjadi daya tarik tersendiri.

Menurut Sekretaris Dinas Perdagangan Priyo Harwijayanto, S.Si, M.Si., dalam laporannya menyebutkan, pelaksanaan Bantul Ekspo 2019 dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar. Peserta event Bantul Ekspo 2019 terdiri dari stand OPD/instansi vertikal, perbankan kecamatan dan organisasi binaan pemerintah seperti, dekranasda, IWAPI dan lain lain sebanyak 62 unit, serta didukung oleh 63 stand swasta, 71 stand pasar malam, 54 PKL dan 6 tenda khusus otomotif mobil. Sedangkan berdasarkan pemantuan, jumlah pengunjung sebanyak lebih kurang 211.000 orang melebihi target yang ditentukan 200.000 orang, serta melibatkan sekitar 500 penari/pelaku seni mulai dari anak-anak PAUD, TK dan SD serta penampilan grup kesenian dari 17 kecamatan.

Dipenghujung event Bantul Ekspo ini disampaikan juga hasil Lomba Bergodo dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul ke 188, Juara 1 diraih Kecamatan Bantul, disusul Kecamatan Sewon sebagai Juara 2 sedangkan Juara 3 di raih Kecamatan Imogiri, ucap Ndaru salah satu panitia Bantul Ekspo.

Lebih lanjut dia mengatakan untuk lomba stand Bantul Ekspo, setelah melewati penjurian yang demikian ketat, stand Bantul Expo 2019 dari Kecamatan Imogiri meraih Juara 1, disusul Stand Kecamatan Pajangan, adapaun Juara 3 diraih Kecamatan Bambanglipuro. Selanjutnya untuk kategori Dinas di Kabupaten Bantul Juara 1 diraih oleh Stand Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian, Juara 2 di raih Stand Dinas Lingkungan Hidup, dan Juara 3 diraih Stand PDAM Bantul, katanya.

Berikutnya untuk stand kategori umum Juara 1 diraih Stand Dekranasda Bantul, Juara 2 disusul Stand IWAPI, Juara ke 3 diraih Stand Guyub Rukun.

Selanjutnya Penghargaan Sub Domain terbaik (Paling Sering Update) dan Terpopuler (Paling Sering Dikunjungi) yaitu Terbaik OPD Dinas Nakertrans, Terpopuler OPD Dinas Kesehatan, Terbaik Kecamatan diraih Kecamatan Sewon, Terpopuler Kecamatan diraih Kecamatan Sanden kemudian Terbaik Desa diraih Desa Trirenggo dan Terpupuler Desa diraih Desa Murtigading Sanden.

Sementara Bupati Bantul Suharsono dalam kata sambutannya , atas nama Pemkab Bantul menghaturkan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak, yang telah memberikan kontribusinya atas kesuksesan penyelenggaraan event Bantul Ekspo 2019 dan terima kasih kepada warga masyarakat yang telah berkunjung sekaligus turut menyemarakkan berlangsungnya Bantul Ekspo, kehadiran dan kunjungan seluruh masyarakat bagi kami memandang sebagai salah satu wujud dukungan terhadap pembangunan di Kabupaten Bantul, disisi lain keberadaan Bantul Ekspo tentunya sebagai media hiburan bagi masyarakat serta wahana edukasi dan media untuk mengetahui hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksakan Pemkab Bantul selama ini.

Bantul Ekspo 2019 tentunya juga telah banyak memberikan kesan positif serta mampu memberikan inspirasi disejumlah pihak untuk turut memberdayakan dan mengembangkan potensi produk-produk UMKM yang ada di Bantul, bagi pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam ajang ini tentu akan dapat merasakan manfaat yang besar, yakni sebagai sarana memperluas jangkaun pemasaran maupun promosi produk unggulan, dengan demikaian para pelaku umkm di Kabupaten Bantul akan mampu bersaing dengan pangsa pasar yang lebih luas, terang Bupati.

Bupati Bantul menambahkan saat ini iklim kompetisi semakin ketat untuk itu, dalam pasar produk umkm perlu disikapi dengan peningkatan intensitas perkenalan produk unggulan melalui berbagai jenis media promosi.

(ang)

Berbagi:

Pos Terbaru :