Menkes RI Apresiasi Penanganan Covid-19 di Kabupaten Bantul

Cara yang paling efektif untuk mencegah infeksi Covid-19 dan menyelamatkan nyawa adalah dengan memutus rantai transmisi penularan. Untuk melakukannya, kita harus melakukan pengetesan dan isolasi. Pengetesan harus dilakukan untuk mengetahui siapa yang terinfeksi.  Oleh karena itu, semua kasus yang diduga terinfeksi Virus Corona harus dites. Penanganan komprehensif itu dimulai dari himbauan untuk cuci tangan, menerapkan etika batuk dan bersin, hingga pengetesan virus corona.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. pada kunjungan kerja di Puskesmas Bambanglipuro, Kabupaten Bantul dalam rangka akselerasi 3T melalui keterpaduan tenaga kesehatan, TNI, Polri, Masyarakat dan dukungan Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19.

Lebih lanjut, Menkes mengatakan bahwa dengan adanya peningkatan pengetesan, isolasi dan penelusuran kontak yang merupakan tulang punggung dari respons terhadap Covid-19. "Jika dilakukan sendiri-sendiri (social distancing, pengetesan dan cuci tangan), itu tidak cukup untuk menghentikan pandemik ini. Kombinasi semuanyalah yang membuat perbedaan," katanya.

“Pemerintah juga harus mencari tahu dengan siapa saja pasien yang terkonfirmasi positif corona melakukan kontak sejak dua hari sebelum munculnya gejala. Selain pentingnya pengetesan, WHO juga menyadari bahwa kapasitas kesehatan di banyak negara sudah kewalahan dengan membludaknya pasien virus corona. WHO menyarankan untuk memprioritaskan pasien yang berusia lanjut dan yang memiliki penyakit penyerta, “ ucapnya.

Pada situasi tersebut, jika negara tidak sanggup mengubah fasilitas umum menjadi rumah sakit darurat untuk menangani kasus-kasus corona dengan gejala ringan. Opsi lainnya adalah mengisolasi pasien di rumah. “Akan tetapi pemanfaatan rumah sakit lapangan dan selter-selter desa di Bantul ini, sangat saya apresiasi karena mampu menekan jumlah penularan Covid-19. Penanganan Covid-19 di Bantul sangat layak untuk dijadikan pilot project percontohan penanganan  Covid-19 tingkat nasional. Peran babinkamtibmas sangat strategis dalam menekan penularan Covid-19.,“ tambahnya.

Sementara itu, dalam sambutan selamat datangnya, Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Pusat terkait dengan penanganan Covid-19 di Bantul. Upaya 3T atau tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment) adalah salah satu upaya utama penanganan COVID-19.

Beliau juga berpesan untuk mendukung upaya 3T ini dengan bersedia melakukannya dan stop stigma pada pasien COVID-19. Selain itu, terus disiplin 3M (Memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan hindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun dengan rutin, dan siap divaksinasi saat vaksin siap.

Berbagi:

Pos Terbaru :