Wujudkan GISA, Pemkab Bantul Launching M-KIA

Guna mewujudkan Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), Pemerintah Kabupaten Bantul launching inovasi layanan M-KIA pada Jum’at (9/4) di Kantor Kapanewon Bantul. M-KIA merupakan hasil kerjasama dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul dan PT Kantor Pos Indonesia (Persero) Bantul. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bambang Purwadi S.H., M.H., Kepala PT Kantor Pos Indonesia (Persero) Bantul Toni Suhendi, serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.


 
Pada sambutannya, Bupati Bantul mengucapkan rasa terima kasih serta memberikan apresiasi kepada Disdukcapil dan PT Pos Indonesia (Persero) atas kolaborasi dan kerjasamanya dalam mewujudkan M-KIA.
 
“Administrasi kependudukan adalah hak dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena itu, kami tentunya tidak ingin pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Bantul dilakukan dengan mekanisme yang rumit. Berkaitan dengan hal tersebut, kami ingin mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan juga kepada PT Pos Indonesia (Persero) yang telah berkolaborasi dan bersinergi menghadirkan inovasi pelayanan Mobile Kartu Identitas anak (M-KIA)”, ujar H. Abdul Halim Muslih.
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul, Bambang Purwadi S.H., M.H., menyampaikan bahwa peluncuran Mobile Kartu Indentitas anak (M-KIA) sebagai wujud perjuangan agar anak Bantul memiliki kartu identitas kependudukan. Kabupaten Bantul masuk kedalam 10 besar untuk KIA dengan capaian sebesar 85%, selain itu KIA di Kabupaten Bantul sudah sesuai dengan regulasi Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) Nomor 02 Tahun 2016 terkait Kartu Identitas Anak serta Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) Nomor 19 Tahun 2018 tentang peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. 
 


Kepala PT Kantor Pos Indonesia Bantul, Toni Suhendi mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Bantul yang telah mempercayai PT Kantor Pos Indonesia Bantul. Dalam pengiriman KIA, PT Kantor Pos Indonesia Bantul berkomitmen agar KIA sampai kepada dengan utuh kepada masyarakat. Selain itu ia juga berharap kerjasama tersebut bisa terus berkesinambungan. 
 
Pada kesempatan tersebut Bupati Bantul juga menyampaikan bahwa pelayanan administrasi pendudukan bukan hanya milik orang dewasa tetapi semua penduduk berhak memiliki dokumen kependudukan termasuk anak – anak, ia juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan M-KIA dengan baik guna mendukung terwujudnya tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Bantul.
 
“Mari kita manfaatkan keberadaan inovasi M-KIA dengan sebaik – baiknya guna mendukung terwujudnya tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Bantul, dengan memiliki Kartu Identitas Anak berarti anak – anak Bantul terdaftar sebagai anak Indonesia dan memiliki hak – hak yang harus dipenuhi oleh negara sebagai anak Indonesia”, ujar H. Abdul Halim Muslih sebelum mengakhiri sambutannya. (kas)

Berbagi:

Pos Terbaru :