Pemerintah Kabupaten Bantul Gandeng BPJS Ketenagakerjaan

Untuk meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan bagi tenaga di lingkup Pemerintah Kabupaten Bantul, Bapak Bupati, H. Abdul Halim Muslih menghadiri penandatanganan rencana Kerja Bersama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Penandatangan yang dilakukan langsung oleh para kepala dinas dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Sosial P3A, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian tersebut dilaksanakan di Hotel Ros In, Jumat (9/4/2021).

Dalam sambutannya, Bapak Bupati mengatakan penyelenggaran sistem jaminan sosial haruslah terintegrasi, bersinergi dan berkolabolari dengan semua pihak untuk terus konsisten profesional akuntabel dan transparan guna menjaga kepercayaan publik. "Saat ini publik memiliki ekspetasi yang besar terhadap program  jaminan sosial ketenagakerjaan terlebih ditengah masa pandemi Covid-19 ini" tambah Bapak Bupati.

Pemerintah kabupaten akan terus mendorong implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan agar dapat menyesuaikan diri dengan dinamika sektor usaha dan  ketenagakerjaaan. Selain kepada pekerja di sektor publik Pemerintah Kabupaten Bantul juga akan memberikan kepada PKPK dan PKSM yang selama ini berjibaku bekerja dilapangan menangangi masalah sosial di tengah masyarakat.

"Demikian pula disektor UMKM yang juga memiliki resiko kerja seiring tuntutan atas kualiatas usaha yg terus meningkat dengan memberikan peningaktan kesejahteranan dan perlindungan kerja dapat membuat para tenaga kerja merasa terayomi sehingga memacu produktivitas mereka" tambah Bapak Bupati.

Diakahir sambutannya Bapak Buoati berpesan agar setelah penandatangan kerjasama ini yang menjadi point penting dalam kesepatan kerja agar segera dapat ditindaklanjuti dan diimplementasikan dengan baik, profesional dan proporsional.

Selama tahun 2020 sebanyak 4.001 tenaga kerja Non ASN dalam lingkup Pemda Bantul sudah terdaftar sebagai peserta dari  total 46.383 peserta aktif di Kabupaten Bantul yang meliputi peserta PU (Pemerima Upah), BPU (Bukan Penerima Upah) dan Jakon (Jasa Konstruksi), PMI dan sebesar 1.000 relawan penanggulangan bencana daerah telah terdaftar sebagai peserta. Dengan adanya komitmen dan upaya yang optimal dari Pemerintah Kabupaten Bantul merupakan bukti nyata peningkatan perlindungan serta kesejahteraan bagi tenaga kerja.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Bupati juga menyaksikan penyerahan secara langsung manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan yang diberikan kepada ahli waris peserta jaminan sosaial ketenagakerjaan. (hsn)


 

Berbagi:

Pos Terbaru :