Jokowi: Fokus dan Buat Skala Prioritas yang Jelas

Bantul – Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih dan Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo didampingi oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Bantul mengikuti Rapat Koordinasi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 secara virtual melalui media Zoom Meeting di Ruang Mandala Saba Madya, Gedung Induk Lantai 3 Komplek Parasamya Kabupaten Bantul, Rabu (14/04). Pada kegiatan tersebut, pasangan kepala daerah terpilih mendapat pengarahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

Kegiatan rakornas ini dibuka dengan laporan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini terdapat 185 pasangan kepala daerah yang sudah dilantik yang terdiri dari 5 pasangan gubernur, 152 pasangan bupati, dan 28 pasangan walikota. Sedangkan jumlah pasangan kepala daerah yang belum dilantik sebanyak 85 pasangan. Jumlah itu terdiri dari 4 pasangan gubernur, 72 pasangan bupati, dan 9 pasangan wali kota. Tito mengatakan, pasangan yang belum dilantik tersebut direncanakan akan dilantik secara serentak pada akhir April 2021 dan Juli 2021.
Mendagri berharap para kepala daerah mampu mengemban amanah dengan baik dan menjaga kepercayaan masyarakat. Ia juga berpesan agar kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 dapat menjaga marwah dan menghindari diri dari perbuatan yang dapat mengandung sanksi hukum maupun sanksi sosial.

Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan kepala daerah terpilih. Selanjutnya dalam pengarahannya, Presiden meminta kepada kepala daerah terpilih agar selama menjabat kedepannya jangan hanya puas membaca laporan saja. Joko Widowo meminta agar pasangan kepala daerah untuk mengecek dan mengontrol secara langsung di lapangan. 

“Saudara harus berani berinovasi bukan sekedar menikmati rutinitas, harus bekerja dengan cepat. Inovasi, kecepatan, dan ketepatan kebijakan sangat dibutuhkan sekarang ini. Fokus dan buat skala prioritas yang jelas.” ujar Jokowi. 

Selain arahan dan pembekalan dari Presiden Joko Widodo, sejumlah pejabat negara juga turut memberi pengarahan, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Kegiatan ini ditutup oleh Mendagri dengan pembahasan utama yaitu Stabilitas Politik dan Keamanan, Pemulihan Ekonomi, serta Penanganan Covid-19. (saz)

Berbagi:

Pos Terbaru :