7 Kafilah Bantul akan Maju ke STQ Tingkat Nasional pada Oktober Mendatang

Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Daerah XXVI DIY Tahun 2021 telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah DIY melalui Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY bersama Kanwil DIY Kemenag RI. STQ kali ini berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 9-10 April 2021.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan Pandemi Covid 19 belum berakhir, maka kegiatan STQ Tahun 2021 berlangsung sederhana di Komplek Kantor Gubernur Kepatihan, Danurejan Yogyakarta.

Tema STQ tahun ini adalah Nilai Qurani, Modal Membangun Harmoni dalam Pluralitas Yogyakarta sebagai Kota Toleransi. Pada STQ tahun ini terdapat 10 cabang yang dilombakan, yakni Tilawah Alquran Dewasa, Tilawah Alquran Anak, Hifzhil Quran 1 Juz, Hifzhil Quran 5 Juz, Hifzhil Quran 10 Juz, Hifzhil Quran 20 Juz, Hifzhil Quran 30 Juz, Tafsir Alquran, Musabaqah 100 Hadis Nabi, dan Musabaqah 500 Hadis Nabi. Dalam setiap cabang ada 2 golongan yaitu golongan putra dan golongan putri.

Berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Dewan Hakim Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021 Nomor : I/Kpts/2021, perolehan kejuaraan kafilah Bantul untuk juara 1 sebanyak 7 orang, Juara 2 sebanyak 6 orang, juara 3 sebanyak 4 orang, dan harapan 1 sebanyak 1 orang.Selanjutnya untuk 7 orang yang memperoleh juara 1 akan maju ke STQ Tingkat Nasional yang rencananya akan diadakan pada Bulan Oktober di Maluku Utara.

Kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Merupakan bagaian dari Pembinaan Mental Spiritual melalui fasilitas festival keagamaan, khususnya bagi kaum muslimim. Tujuannya langsungnya adalah untuk meningkatkan gairah membaca, menghafalkan serta mentadabbur isi dan kandungan Alquran, menciptakan generasi qurani yang handal dan berprestasi.

Sumber foto : Kemenag DIY

Berbagi:

Pos Terbaru :